Sistem Kartu Pintar Krama Bali Dengan Teknologi NFC

  • I Gde Putu Harry Putra Pratama Student
  • I Nyoman Piarsa Lecturer
  • Kadek Suar Wibawa Lecturer

Abstract

Kartu Pintar merupakan suatu kartu yang berisikan chip untuk menyimpan suatu informasi. Teknologi kartu pintar bisa diterapkan sebagai inovasi untuk pengenalan identitas dan mengisi presensi kegiatan adat pada banjar adat di Bali. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Sistem Kartu Pintar Krama Bali dengan Teknologi NFC berupa aplikasi mobile dan alat protitype yang digunakan sebagai pengenalan identitas krama banjar adat dan melakukan presensi pada kegiatan adat yang ada di suatu banjar. Sistem ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan Java, serta basis data MySQL, sedangkan alat prototype dirancang menggunakan NodeMCU ESP8266 sebagai microcontroller-nya. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah sistem berupa alat prototype write/read data dan aplikasi mobile yang memiliki fitur untuk melakukan login, write data, read data, manajemen kegiatan, manajemen presensi, dan data krama.

Published
2022-08-22
How to Cite
PRATAMA, I Gde Putu Harry Putra; PIARSA, I Nyoman; WIBAWA, Kadek Suar. Sistem Kartu Pintar Krama Bali Dengan Teknologi NFC. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1234-1244, aug. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/90950>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i02.p22.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.