Rancang Bangun Chatbot Desa Wisata Badung Bali dengan Dialogflow
Abstract
Pulau Bali merupakan salah satu destinasi pariwisata yang dikenal dengan keunikan budaya tradisinya yang menarik para wisatawan untuk berlibur. Saat ini para wisatawan yang berdatangan ke Bali mendapatkan informasi mengenai objek wisata dan sekitarnya melalui situs web, iklan, dan media lainnya yang dirasa masih kurang interaktif dan kurang efisien. Aplikasi Telegram memiliki suatu fitur yang berguna dalam menyampaikan informasi secara instan dengan menggunakan chatbot Telegram. Chatbot merupakan kegiatan komunikasi yang menggunakan program komputer untuk melakukan percakapan yang terjadi antar manusia dengan mesin menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan Chatbot Desa Wisata Badung Bali yang bisa digunakan oleh para wisatawan sebagai panduan dalam berkegiatan sehari-hari di desa wisata yang ada di Badung Bali. Chatbot ini memiliki fitur informasi desa wisata, dan tombol navigasi agar mudah digunakan oleh pengguna. Chatbot Desa Wisata Badung Bali dibuat menggunakan tools Dialogflow yang dapat terintegrasi dengan aplikasi Telegram. Pengujian chatbot mampu menerima input dan memberi respon output yang sesuai dengan akurasi black-box testing sebesar 87% yang berarti hampir seluruh output telah sesuai dan mampu memenuhi pencarian informasi secara interaktif serta efisien.
References
[2] Gentia D., Sukarsa I. M., Wibawa K. S., Rancang Bangun Chatbot Sebagai Penghubung Komunikasi Antara Aplikasi Line Messenger Dengan Telegram Messenger, Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademi Teknologi Informasi), 2020, Vol.8, 156-167.
[3] Fifit F., Aiyadillah, Penggunaan Telegram Sebagai Media Komunikasi Dalam Pembelajaran Online, Cakrawala - Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, 2020, Vol.20, 111-117.
[4] Setiaji B., Utami E., Fatta H. A., Membangun Chatbot Berbasis AIML dengan Arsitektur Pengetahuan Modular, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 2013, Vol.1, 15-20.
[5] Wijaya T., Rusli M., Rany E. S., Fryonanda H., Membangun Aplikasi Chatbot Berbasis Web Pada CV. Unomax Indonesia, KALBISCIENTIA - Jurnal Sains dan Teknologi, 2019, Vol.6, 110–121.
[6] Putra J. A., Budi A., Penerapan Natural Language Processing Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Pencarian Informasi Dengan Menggunakan React (Studi Kasus: Institut Bisnis Dan Informatika Kwik Kian Gie), Jurnal Informatika dan Bisnis, 2020, Vol.9, 256-261.
[7] Oktavia C. A., Implementasi Chatbot Menggunakan Dialogflow dan Messenger Untuk Layanan Customer Service Pada E-Commerce, Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan (JIMP), 2019, Vol.4, 36-40.
[8] Harahap D. W., Fitria L., Aplikasi Chatbot Berbasis Web Menggunakan Metode Dialogflow, J-ICOM - Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer, 2020, Vol.1, 6–13.
[9] Pinajeng I. K. T. P., Sukarsa I. M., Putra I. M. S., Perbaikan Kata pada Sistem Chatbot dengan Metode Jaro Winkler, JITTER - Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2020, Vol.1, 86-95.
[10] Dwi A., Imamah F., Andre Y. M., Dores A., Aplikasi Chatbot (Milki Bot) Yang Terintegrasi Dengan Web CMS Untuk Customer Service Pada UKM MINSU, Jurnal Cendikia, 2018, Vol.16, 100-106.
[11] Ranavare S. S., Kamath R. S., Artificial Intelligence based Chatbot for Placement Activity at College Using DialogFlow, Our Heritage, 2020, Vol.65, 4806-4814.
[12] Muhammad A. F., Adila F., Pengembangan Chatbot Percakapan Bahasa Inggris Menggunakan Dialogflow, JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 2021, Vol.6, 25-37.
[13] Siangchin N., Samanchuen T., Chatbot Implementation for ICD-10 Recommendation System, IEEE Xplore, 2019, 1-6.
[14] Kusnanda I. G. R., Sukarsa I. M., Susila A. A. N. H., Perancangan Chatbot Hotel dengan Model Natural Language Processing Chatbot dan Button Based Chatbot, JITTER - Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2022, Vol.3, 711-720.
[15] Chandra A. Y., Kurniawan D., Musa R., Perancangan Chatbot Menggunakan Dialogflow Natural Language Processing (Studi Kasus: Sistem Pemesanan Pada Coffee Shop), Jurnal Media Informatika Budidarma, 2020, Vol.4, 208-215.
[16] Suarnata I. G., Sukarsa I. M., Wibawa K. S., Pencocokan Menu Berbasis Keywords pada Chatbot dengan Metode Jaccard, JITTER - Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, 2022, Vol.3, 786-793.
[17] Gupta A., Hathwar D., Introduction to AI Chatbots, International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2020, Vol.9, 255-258.
[18] Cholifah W. N., Yulianingsih Y., Sagita S. M., Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap, Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi (STRING), 2018, Vol.3, 206-2010.
[19] Febriyanti N. M. D., Sudana A. A. K. O., Piarsa I. N., Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen, JITTER - Jurnal Ilmiah Teknoogi. dan Komputer, 2021, Vol.2, 535-544.
[20] Muliyono, Identifikasi Chatbot Dalam Meningkatkan Pelayanan Online Menggunakan Metode Natural Language Processing, Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 2021, Vol.3, 142-147.