Usability Testing Sistem Love Bali Menggunakan Teknik Performance Measurement dan Concurrent Think Aloud (CTA)

  • Putu Tulus Nugraha Teknologi Informasi Universitas udayana
  • I Made Sukarsa
  • Ni kadek Dwi Rusjayanthi

Abstract

Tingkat usability dapat mempengaruhi kemudahan penggunaan suatu aplikasi sehingga penting untuk dilakukan evaluasi. Aplikasi Love Bali merupakan platform resmi Pemerintah Provinsi Bali yang digunakan oleh wisatawan asing dan domestik untuk mendata dirinya sebelum mengunjungi Bali. Love Bali tergolong aplikasi baru karena pertama kali diluncurkan pada tahun 2020 dan sebelumnya belum pernah dilakukan evaluasi usability. Evaluasi usability dilakukan untuk meningkatkan User Experience pengguna, sehingga aplikasi dapat diterima dan digunakan lebih mudah oleh pengguna. Metode yang digunakan untuk melakukan evaluasi adalah usability testing dengan teknik Concurrent Think Aloud dan Performance Measurement. Hasil yang didapatkan yaitu Aplikasi Love Bali memiliki kualitas yang belum dapat dikatakan efektif, efisien dan memenuhi kepuasan pengguna seperti fitur bahasa dan logout yang sulit ditemukan sehingga perbaikan desain juga dilakukan seperti perubahan letak fitur registrasi dan ganti password agar aplikasi dapat menjadi lebih baik lagi untuk memenuhi harapan pengguna.

Published
2022-07-27
How to Cite
NUGRAHA, Putu Tulus; SUKARSA, I Made; RUSJAYANTHI, Ni kadek Dwi. Usability Testing Sistem Love Bali Menggunakan Teknik Performance Measurement dan Concurrent Think Aloud (CTA). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1137-1152, july 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/89857>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i02.p13.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.