Analisis Respon Pelanggan Terhadap Suatu Produk Dengan Metode Support Vector Machine (SVM)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi membuat terjadinya perubahan metode belanja masyarakat dimana masyarakat dapat berbelanja secara online. penjualan secara online membuat konsumen tidak dapat melihat produk secara langsung dimana konsumen hanya dapat melihat foto dan ulasan produk sebagai pertimbangan dalam berbelanja. Respon pelanggan adalah reaksi pelanggan atau konsumen terhadap suatu produk dimana reaksi ini dapat mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap suatu produk. Respon pelanggan dapat berupa data ulasan produk dimana data ulasan produk yang berberntuk teks dapat diklasifikasikan dengan metode text mining dan algoritma Support Vector Machine (SVM). Penelitian ini melakukan klasifikasi berdasarkan data ulasan produk kosmetik pada website https://femaledaily.com/ dimana klasifikasi dikelompokkan berdasarkan jenis kulit dan umur konsumen. Hasil pengujian dengan menggunakan metode SVM menunjukan akurasi tertinggi sebesar 90% dan akurasi terendah sebesar 81%.