Analisis Respon Pelanggan Terhadap Suatu Produk Dengan Metode Support Vector Machine (SVM)

  • kadek dede setiawan Ni Made Ika Marini Mandenni, Dwi Putra Githa
  • Ni Made Ika Marini Mandenni
  • Dwi Putra Githa

Abstract

Perkembangan teknologi informasi membuat terjadinya perubahan metode belanja masyarakat dimana masyarakat dapat berbelanja secara online. penjualan secara online membuat konsumen tidak dapat melihat produk secara langsung dimana konsumen hanya dapat melihat foto dan ulasan produk sebagai pertimbangan dalam berbelanja. Respon pelanggan adalah reaksi pelanggan atau konsumen terhadap suatu produk dimana reaksi ini dapat mempengaruhi tanggapan konsumen terhadap suatu produk. Respon pelanggan dapat berupa data ulasan produk dimana data ulasan produk yang berberntuk teks dapat diklasifikasikan dengan metode text mining dan algoritma Support Vector Machine (SVM). Penelitian ini melakukan klasifikasi berdasarkan data ulasan produk kosmetik pada website https://femaledaily.com/ dimana klasifikasi dikelompokkan berdasarkan jenis kulit dan umur konsumen. Hasil pengujian dengan menggunakan metode SVM menunjukan akurasi tertinggi sebesar 90% dan akurasi terendah sebesar 81%.

Published
2022-07-09
How to Cite
SETIAWAN, kadek dede; MARINI MANDENNI, Ni Made Ika; GITHA, Dwi Putra. Analisis Respon Pelanggan Terhadap Suatu Produk Dengan Metode Support Vector Machine (SVM). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1061-1073, july 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/88647>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i02.p05.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.