Analisis Tren Lalu-lintas Data Jaringan Menggunakan Teknologi Big Data (Studi Kasus: UNIVERSITAS MAHADEWA INDONESIA)

  • gemara adiyasa parahita nugraha submit
  • I Made Agus Dwi Suarjaya
  • I Putu Agus Eka Pratama

Abstract

Abstrak Universitas Mahadewa Indonesia Merupakan lembaga pendidikan pembelajaran yang memiliki jaringan Wifi sebagai penyedia internet kepada mahasiswa dan dosen di Universitas Mahadewa. Jaringan Wi-fi tentunya banyak di akses oleh mahasiswa maupun pegawai di Universitas Mahadewa. Big Data merupakan suatu trending practice yang banyak dilakukan oleh berbagai perusahaan, organisasi, peneliti, maupun akademisi yang bertujuan untuk untuk mendapatkan suatu informasi yang penting dalam data tersebut. Penelitian ini membahas evaluasi data yang di dapat dari monitoring jaringan di Universitas Mahadewa. Wireshark atau Tshark adalah tools monitoring yang di pergunakan untuk monitoring jaringan pada suatu server yang mampu menangkap data pada jaringan wifi yang di akses oleh user tersebut. Salah satu pengimplementasian Big Data yaitu pada Hasil dari penangkapan packet data tersebut akan di analisis untuk di lihat hasilnya sehingga penulis mengetahui penggunaan Domain di jaringan Universitas Mahadewa. Berdasarkan pengujian monitoring jaringan menggunakan Wireshark atau Tshark, didapat hasil packet data user yang mengakses website menggunakan jaringan Universitas Mahadewa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan Wireshark atau tshark dan analisi data dalam jumlah banyak dari hasil monitoring tersebut. Metode untuk analisis data ini adalah visualisasi dimana mahasiswa menggunakan aplikasi Tableu untuk visualisasikan data dalam jumlah jutaan atau banyak. Kata kunci: Jaringan(Wi-fi), Capture Data, Wireshark, Packet data, Big Data, Tableu

Published
2022-06-24
How to Cite
NUGRAHA, gemara adiyasa parahita; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; PRATAMA, I Putu Agus Eka. Analisis Tren Lalu-lintas Data Jaringan Menggunakan Teknologi Big Data (Studi Kasus: UNIVERSITAS MAHADEWA INDONESIA). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 1043-1050, june 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/87881>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i02.p03.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.