AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN KEPEGAWAIAN XYZ

  • I Nyoman Andi Nugraha Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita
  • AA.Kt Agung Cahyawan Wiranatha

Abstract

Audit tata kelola TI di perlukan untuk menguji dan mengukur pengendalian teknologi informasi yang di terapkan pada suatu instansi untuk mendukung mencapai tujuan instansi. Badan Kepegawaian XYZ merupakan suatu instansi yang bertugas pada bidang layanan kepegawaian dan bertuga mengatur tata usaha badan kepegawaian. pelaksanaan audit tata kelola TI pada Badan Kepegawaian XYZ yang diawali dari melakukan observasi dan wawancara untuk menentukan titik kritis yang selanjutnya dianalisis dan kemudian melakukan penyebaran kuisioner tingkat kepentingan yang hasil tingkat kepentingan memperoleh nilai capability level pada domain APO11, APO04, DSS02, BAI09, dan APO07. Nilai capability level selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan tingkat kesenjangan yang selanjutnya dilakukan pemberian rekomendasi dengan standar COBIT 5 dan ISO 38500 untuk meningkatkan layanan tata kelola TI di Badan Kepegawaian XYZ. Domain APO07 dipilih dalam hal ini yang nantinya memberikan rekomendasi terhadap hal yang dapat diimplementasikan, yang merujuk pada bagaimana pegewai dapat memberikan layanan yang optimal kepada ASN. Pemberian rekomendasi disini hanya berfokus pada proses TI APO07, karena proses TI APO07 berkaitan langsung dengan fungsi utama dari Badan Kepegawaian XYZ.

References

[1] B. Sutomo and M. A. Saputra, “Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Framework Cobit 5 Studi Kasus : Stmik Dharma Wacana Metro,” Int. Res. Big-Data Comput. Technol. I-Robot, vol. 1, no. 1, pp. 66–80, 2017, doi: 10.53514/ir.v1i1.7.
[2] M. Adhisyanda Aditya, R. Dicky Mulyana, and A. Mulyawan, “Perbandingan COBIT 2019 dan ITIL V4 Sebagai Panduan Tata Kelola dan Management IT,” J. Comput. Bisnis, vol. 13, no. 2, pp. 100–105, 2019, [Online]. Available: http://www.jurnal.stmik-mi.ac.id/index.php/jcb/article/view/206.
[3] S. P. Yoga Artana, Arya Sasmita, “Evaluasi tata kelola teknologi informasi pada kantor pertanahan xyz,” vol. 2, no. 1, 2021.
[4] M. M. Rio Septian Hardinata, Wirda Fitriani, Cahyo Pramono and A. K. Husni Muharam Ritonga, Leni Marlina, Suheri, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi menggunakan Cobit 5 (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Panca Budi Medan),” J. Tek. Dan Inform., vol. 6, no. 01, pp. 42–45, 2019.
[5] ridho anang rizaldi, “Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework Cobit 5 (Studi Kasus: Pt.Indocom Tambak Udang Lampung),” vol. 5, 2019, doi: 10.31219/osf.io/m7rab.
[6] Y. Febriani, “Jurnal sistem informasi dan tenologi,” Sitech, vol. Vol 1, No, pp. 1– 6, 2018.
[7] ISACA. and J. W. Lainhart, COBIT 5: A business framework for the governance and management of enterprise IT COBIT 5, vol. 34, no. 1. 2012.
[8] ISACA, Enabling Processes. 2012.
[9] C. Feltus, “Introducing ISO / IEC 38500 : Corporate Governance in ICT Christophe Feltus,” no. January 2008, 2008, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/228783683_Introducing_ISOIEC_3850 0_Corporate_Governance_in_ICT.
[10] Hamidovic Haris, “Fundamentals of IT Governance Based on ISO/IEC 38500,” ISACA J., vol. V, no. October 2010, 2010, [Online]. Available: http://www.isaca.org/Journal/Past-Issues/2010/Volume-5/Documents/10v5- online-funda
Published
2022-04-01
How to Cite
ANDI NUGRAHA, I Nyoman; ARYA SASMITA, Gusti Made; WIRANATHA, AA.Kt Agung Cahyawan. AUDIT TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI PADA BADAN KEPEGAWAIAN XYZ. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 1001-1012, apr. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/85021>. Date accessed: 23 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i01.p36.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.