Pencocokan Menu Berbasis Keywords pada Chatbot dengan Metode Jaccard
Abstract
Tantangan dari mengembangkan chatbot adalah mampu berkomunikasi secara interaktif dan memberikan respons yang akurat sesuai keinginan pengguna. Salah satu metode pattern-matching yang sederhana dan dapat diterapkan sebagai pencocokan menu pada chatbot adalah metode Jaccard. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Algoritma Jaccard terhadap pencocokan menu berbasis keywords pada chatbot. Penelitian ini membahas pengaruh proses pencocokan menu berbasis keywords dengan menggunakan metode Jaccard pada chatbot ketika mencocokan pesan yang dikirim pengguna dengan menu yang tersedia pada basis data chatbot. Berdasarkan implementasi yang dilakukan pada PHP, penggunaan metode Jaccard mampu menangani beberapa kondisi ketika mencocokan menu. Beberapa kondisi tersebut antara lain, pesan yang terdiri dari keseluruhan kata kunci, pesan yang terdiri dari sebagian kata kunci, maupun pesan yang terdiri dari beberapa kata kunci dengan posisi yang ditukar.
References
[2] K. Rinartha, “Simple Query Suggestion Untuk Pencarian Artikel Menggunakan Jaccard Similarity,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 3, no. 1, pp. 30–34, 2017.
[3] M. Ermawati and J. L. Buliali, “Text Based Approach For Similar Traffic Incident Detection from Twitter,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 9, no. 2, p. 63, 2018, doi: 10.24843/lkjiti.2018.v09.i02.p01.
[4] O. Nurdiana, J. Jumadi, and D. Nursantika, “Perbandingan Metode Cosine Similarity Dengan Metode Jaccard Similarity Pada Aplikasi Pencarian Terjemah Al-Qur’an Dalam Bahasa Indonesia,” J. Online Inform., vol. 1, no. 1, p. 59, 2016, doi: 10.15575/join.v1i1.12.
[5] N. P. Putra and Sularno, “Penerapan Algoritma Rabin-Karp Dengan Pendekatan Synonym Recognition Sebagai Antisipasi Plagiarisme Pada Penulisan Skripsi,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 49–58, 2019.
[6] A. H. Aliwy, “Tokenization as Preprocessing for Arabic Tagging System,” Int. J. Inf. Educ. Technol., vol. 2, no. 4, pp. 348–353, 2012, doi: 10.7763/ijiet.2012.v2.149.
[7] N. Saputra, T. B. Adji, and A. E. Permanasari, “Analisis Sentimen Data Presiden Jokowi dengan Preprocessing Normalisasi dan Stemming Menggunakan Metode Naive Bayes dan SVM,” J. Din. Inform., vol. 5, no. November, p. 12, 2015.