EVALUASI ASPEK MARKETING PADA BALANCED SCORECARD PERUSAHAAN KERAMAS PARK

  • Kadek Satria Umbaraditha Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa
  • Anak Agung Ngurah Hary Susila

Abstract

Kemajuan zaman dalam teknologi sudah sebagai bagian krusial pada mendukung aktivitas marketing dalam perusahaan. Keramas Park saat ini ingin meningkatkan brand awareness dan customer acquisition guna meningkatkan pendapatan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi aspek marketing pada balanced scorecard perusahaan keramas park untuk mengetahui capability level marketing pada Keramas Park serta memberikan rekomendasi dan saran untuk meningkatkan tata kelola marketing yang baik. Penelitian dilakukan menggunakan metode COBIT 5 serta dibantu dengan sentiment analisis menggunakan NoLimit Dashboard. Suatu pedoman baku yang terdapat prakek dan prinsip yang membantu organisasi menaikkan pencapaian tujuan pada aspek manajemen tata kelola marketing disebut COBIT 5. Analisa yang diperoleh dari audit tata kelola pemasaran, menunjukkan capability level dari lima proses TI ada pada level yang kurang baik yaitu BAI01 ada di level 1, BAI07 ada di level 1, APO02 ada di level 1, AP04 ada di level 1, dan APO06 ada di level 1. Analisa ini memperlhatkan ada kesenjangan atau GAP antara cita-cita Keramas Park dengan capaian pada kenyataannya. Dengan menggunakan berbagai standar best practice, audit ini akan menyusun sejumlah rekomendasi untuk perbaikan tingkat kematangan termasuk penyelerasan diantara tujuan bisnis, tujuan TI dan proses TI.

Published
2022-01-08
How to Cite
UMBARADITHA, Kadek Satria; SUKARSA, I Made; HARY SUSILA, Anak Agung Ngurah. EVALUASI ASPEK MARKETING PADA BALANCED SCORECARD PERUSAHAAN KERAMAS PARK. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 688-700, jan. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/81990>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i01.p04.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.