Pemanfaatan Dropbox Cloud Storage dan Dropbox API Sebagai Media Penyimpanan dan Pertukaran Data pada Sistem Informasi Berbasis Web

  • Ida Bagus Alit Dwipayana Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa
  • Putu Wira Buana

Abstract

Penyimpanan data secara elektronik pada sistem sebaiknya disertai dengan pemilihan suatu penyimpanan data yang tepat dan disesuaikan dengan kemampuan organisasi. Dropbox merupakan salah satu suatu media penyimpanan data cloud yang berfungsi untuk proses penyimpanan data. Dropbox juga menyediakan API yang dapat membantu dalam proses transfer data. Penelitian ini memanfaatkan Dropbox sebagai media penyimpanan data dengan menghubungkan web dengan Dropbox API agar dapat mengumpulkan semua data yang diinputkan ke dalam Dropbox Server. Dropbox menyediakan penyimpanan gratis bagi user yang mendaftar atau registrasi. Program yangi dibuat berupa aplikasi dengan basis web yang dapat melakukan proses penginputan data yang di dukung dengan fitur autentikasi, upload dan download folder dari Dropbox API sehingga data dapat disimpan pada Dropbox server. View data akan menampilkan data yang telah tersimpan pada Dropbox server melalui halaman web dengan menggunakan fitur download dari Dropbox API. Salah satu kelebihan dari penyimpanan dengan Dropbox adalah tidak diperlukannya alamat internet protocol untuk pemasangan database konvensional serta proses pengoperasiannya hanya bermodalkan akses jaringan internet, sehingga dapat menjadikan solusi yang murah bagi sebuah organisasi untuk dapat melakukan pertukaran data secara elektronik berskala kecil. Pengolahan dan penyimpanan data dengan storage penyimpanan melalui media dropbox berserta API berhasil dilakukan serta data yang di kumpulkan dapat kemudian diperlihatkan (view) pada aplikasi yang dibuat.

Published
2022-01-05
How to Cite
DWIPAYANA, Ida Bagus Alit; SUKARSA, I Made; WIRA BUANA, Putu. Pemanfaatan Dropbox Cloud Storage dan Dropbox API Sebagai Media Penyimpanan dan Pertukaran Data pada Sistem Informasi Berbasis Web. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 675-687, jan. 2022. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/81780>. Date accessed: 22 may 2022.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.