Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Enterprise Pada Balai Desa Simongagrok Kabupaten Mojokerto

  • Benny Hasto Pakarti Universitas Negeri Surabaya
  • Dicky Alnazarul
  • Moch.Araafi Syamsul Ibrahim
  • Ardianto Tri Candra Perdana

Abstract

Balai Desa Simongagrok Kabupaten Mojokerto Sebagai lembaga pemerintahan yang melakukan pelayanan publik kepada masyarakat, memiliki sistem informasi dan teknologi informasi yang terintegrasi untuk mendukung aktivitasnya, seperti pelayanan surat masuk dan keluar, sistem kepegawaian dan keuangan yang ada. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini dirasa tepat dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan perencanaan arsitektur enterprise untuk membantu dalam melakukan aktivitas pelayanan publik, baik dari sisi administratif, aktivitas, dan pengawasan agat dapat lebih mudah dan efisien dalam menjalankan e-governance. Metodologi penelitian yang digunakan antara  lain studi pustaka, wawancara, observasi, dan menggunakan framework TOGAF atau The Open Group Architecture Framework adalah suatu kerangka kerja arsitektur perusahaan yang berfokus pada pendekatan komprehensif untuk desain, perencanaan, implementasi, dan tata kelola arsitektur informasi perusahaan. Dari Penelitian dapat dihasilkan blueprint arsitektur sistem informasi Balai Desa Simongagrok yang dapat digunakan dalam proses penyelesaian permasalahan yang ada pada sistem informasi yang ada secara menyeluruh.

References

[1] Galang Airlangga Pratama, Khaerul Manaf, SW Pitara “Analisis Arsitektur Enterprise menggunakan TOGAF ADM versi 9.2 pada PT. Industri telekomunikasi indonesia (persero),” Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (SoBAT) ke-3 Bandung, 16-10-2021. ISBN 978-623-92199-2-5.
[2] Agun Guntara, “Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Enterprise Pada Puskesmas Kecamatan Cimalaka Kabupaten Sumedang”. Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK Vol 10 No.2 Nopember (2016).
[3] Wartika dan Iping Supriatna, “Analisis Perbandingan Komponen dan Karakteristik Enterprise Architecture Framework”. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika 2011; Bali, November 12, 2011 KNS&I 11-064.
Published
2023-01-01
How to Cite
PAKARTI, Benny Hasto et al. Perancangan Arsitektur Sistem Informasi Enterprise Pada Balai Desa Simongagrok Kabupaten Mojokerto. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 3, n. 3, p. 1336-1344, jan. 2023. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/80887>. Date accessed: 06 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2022.v03.i03.p08.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.