Implementasi Black Box Testing pada Sistem Informasi Manajemen Dosen
Abstract
Abstrak
Sistem Informasi Manajen Dosen (SIMDOS) merupakan sistem yang memberikan informasi mengenai data dosen di Universitas Hindu Indonesia (UNHI). Implementasi SIMDOS di Universitas Hindu Indonesia secara menyeluruh belum optimal dengan demikian perlu adanya pengujian perangkat lunak. Pengujian perangkan lunak merupakan salah satu tahapan yang paling penting dalam pengembangan sebuah sistem informasi. Untuk mendapatkan hasil yang optimal maka perlu dilakukan pengujian dengan menggunakan black box testing dengan bantuan automation tools TestProject memiliki tujuan untuk meminimalisir adanya kesalahan dan memastikan apakah fungsi-fungsi pada sistem berjalan sesuai yang diharapkan. Hasil dari pengujian sistem yang diujikan sebanyak 53 butir uji terdapat 2 butir uji yang tidak sesuai.
References
[2] M. Sholeh, I. Gisfas, Cahiman, and M. A. Fauzi, “Black Box Testing on ukmbantul.com Page with Boundary Value Analysis and Equivalence Partitioning Methods,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1823, no. 1, 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1823/1/012029.
[3] A. Utomo, Y. Sutanto, E. Tiningrum, and E. M. Susilowati, “Menggunakan Black Box Testing Boundary,” J. Bisnis Terap., vol. 04, no. 2, pp. 133–140, 2020.
[4] W. N. Cholifah, Y. Yulianingsih, and S. M. Sagita, “Pengujian Black Box Testing pada Aplikasi Action & Strategy Berbasis Android dengan Teknologi Phonegap,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 3, no. 2, p. 206, 2018, doi: 10.30998/string.v3i2.3048.
[5] U. Hanifah, R. Alit, and S. Sugiarto, “Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk,” SCAN - J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 11, no. 2, pp. 33–40, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/643.
[6] N. Luh Putri Ari Wedayanti, N. Kadek Ayu Wirdiani, and I. Ketut Adi Purnawan, “Evaluasi Aspek Usability pada Aplikasi Simalu Menggunakan Metode Usability Testing,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 7, no. 2, p. 113, 2019, doi: 10.24843/jim.2019.v07.i02.p03.