Pengujian Performa Sistem Informasi Perpustakaan Online pada Universitas Hindu Indonesia (Astakali UNHI) Menggunakan Tools GTmetrix

  • Ni Putu Kerti Widyani Department of Information Technology, Faculty of Engineering, Udayana University
  • A.A Kompiang Oka Sudana
  • I Nyoman Piarsa

Abstract

Perpustakaan yang sangat erat kaitannya dengan sumber informasi dan data merupakan salah satu bidang yang diuntungkan dengan adanya perkembangan teknologi informasi ini. Teknologi informasi yang terus berkembang tentunya juga berpengaruh pada sistem perpustakaan online yang tentunya perlu dilakukan evaluasi terkait perkembangan yang perlu dilakukan terhadap sistem informasi perpustakaan online guna untuk memberikan kenyamanan dan efisiensi terhadap pengguna. Pengujian interface sistem dilakukan untuk mengetahui kualitas website Astakali UNHI dengan menggunakan GTmetrix. GTmetrix merupakan salah satu produk Google yang dirancang untuk mengukur kinerja suatu website dengan hasil berupa page speed score dan structure score dalam satuan persen, penggunaan GTmetrix untuk melakukan pengujian kinerja website dapat memberikan informasi mengenai bagian website yang memiliki score kurang baik serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan. Pengujian ini memberikan hasil berupa informasi terkait hal-hal yang memberikan pengaruh dalam kinerja website Astakali UNHI yang dapat dijadikan rekomendasi untuk melakukan perbaikan website Astakali UNHI kedepannya. Berdasarkan pengujian interface sistem dengan tools Gtmetix memiliki nilai rata-rata performance score sebesar 49% dan structure score sebesar 50%.

Published
2021-11-17
How to Cite
WIDYANI, Ni Putu Kerti; OKA SUDANA, A.A Kompiang; PIARSA, I Nyoman. Pengujian Performa Sistem Informasi Perpustakaan Online pada Universitas Hindu Indonesia (Astakali UNHI) Menggunakan Tools GTmetrix. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 545-551, nov. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/79604>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2021.v02.i03.p13.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.