Tracking Bus Driver Sarbagita dengan Android

  • I GEDE ADHI INDRA JAYA Universitas Udayana
  • Anak Agung Ketut Agung Cahyawan Wiranatha
  • Putu Wira Buana

Abstract

Kemajuan teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat cepat dan memiliki peran yang begitu penting diberbagai aspek. Salah satunya kemajuan teknologi informasi dapat memberikan kemudahan dibidang transportasi. Perkembangan transportasi yang begitu pesat juga menimbulkan berbagai masalah salah satunya kemacetan lalu lintas. Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi Bali adalah salah satu instansi pemerintahan yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang transpotasi umum seperti Bus Trans Sarbagita. Program ini hadir tidak hanya untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di Bali Selatan, tetapi juga untuk menanggapi respon pemerintah provinsi Bali terhadap kurangnya angkutan umum di pulau itu. Namun, masyarakat masih memiliki minat yang rendah dalam penggunaan transportasi publik, dengan masalah yang muncul maka dibuatlah Aplikasi Trans Sarbagita. Aplikasi ini berbasis Android dibuat untuk sisi masyarakat dan juga sisi driver. Aplikasi Driver Bus Trans Sarbagita juga berguna untuk driver agar dapat mengetahui nomor bus, status, dan rute setiap halte pada tiap koridor. Aplikasi ini juga diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat agar lebih memanfaatkan transportasi umum seperti Trans Sarbagita ini dan mulai memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh Trans Sarbagita agar dapat mengurangi kemacetan akibat kepadatan lalu lintas.

Published
2021-10-04
How to Cite
INDRA JAYA, I GEDE ADHI; WIRANATHA, Anak Agung Ketut Agung Cahyawan; BUANA, Putu Wira. Tracking Bus Driver Sarbagita dengan Android. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 2, n. 3, p. 494-502, oct. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/78266>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2021.v02.i03.p08.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.