AS Evaluasi Usability User Interface Website Menggunakan Metode Usability Testing Berbasis ISO 9241-11 (Studi Kasus PT.X)
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi dalam dunia bisnis berpotensi besar untuk lebih meningkatkan grafik penjualan, serta meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kepada pelanggan. PT.X adalah salah satu bidang bisnis jual beli barang elektronik yang mengembangkan usahanya dengan membuat website untuk mempermudah proses jual beli produk sejak tahun 2019. Sejak berdirinya website sampai saat ini tidak pernah dilakukan evaluasi mengenai usability sistem yang ada pada website. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dari tingkat usability PT.X dengan metode usability testing berdasarkan dua atribut usability yaitu efektifitas dan efisiensi. Metode yang digunakan yaitu usability testing dengan standard SIO 9241-11 dan teknik Performance Measurement. Adapun pada penelitian ini menggunakan 10 responden untuk menjalani task scenario pada usability testing. Hasil pengujian usability website PT.X mendapat tingkat efektivitas sebanyak 69% dan efisiensi sebanyak 61% dimana nilai tersebut dapat tergolong kedalam status tidak baik dan tidak buruk. Setelah mendapatkan hasil dari usability testing, peneliti membuat rekomendasi perbaikan yang nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai acuan untuk dapat meningkatkan tingkat efektivitas dan efisiensi dari website PT.X.
References
[2] S. Wardani, I. G. M. Darmawiguna, and N. Sugihartini, “Usability Testing Sesuai Dengan ISO 9241-11 Pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa,” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 2, p. 356, 2019, doi: 10.23887/karmapati.v8i2.18400.
[3] D. S. Wibawa, “Evaluasi Usability Dan Perbaikan Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Malang Menyapa Menggunakan Metode Usability Testing,” J-PTIIK J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 9, pp. 3185–3192, 2020, [Online]. Available: http://repository.ub.ac.id/180482/.
[4] A. Tinar, S. H. Wijoyo, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability Tampilan Antarmuka Website Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kota Malang menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 11, pp. 10453–10461, 2019.
[5] R. Rahmi, I. M. A. Pradnyana, and M. W. A. Kesiman, “Usability Testing Berbasis ISO 9241-11 Pada Aplikasi Salak Bali (Studi Kasus: Polres Buleleng),” Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., vol. 8, no. 3, pp. 510–521, 2019.
[6] D. N. Heny, “Analisis User Interface dan User Experience pada Website Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto Yogyakarta,” Conf. Senat. STT Adisutjipto Yogyakarta, vol. 2, p. 183, 2016, doi: 10.28989/senatik.v2i0.77.
[7] Yumarlin MZ, “Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” Inf. Interaktif, vol. 1, no. 1, pp. 34–43, 2016, [Online]. Available: http://www.e-journal.janabadra.ac.id/index.php/informasiinteraktif/article/view/345.
[8] S. E. P. Rosalinda, N. Ulinnuha, and D. Rolliawati, “Evaluasi Usability Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Berbasis Iso 9241-11 Menggunakan Metode Partial Least Square,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 7, no. 3, pp. 127–134, 2018.
[9] D. R. Anggitama, H. Tolle, and H. M. Az-Zahra, “Evaluasi Dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi EzyPay,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 130–143, 2018.
[10] A. Muqoddas, A. F. Yogananti, and H. Bastian, “Usability User Interface Desain pada Aplikasi Ecommerce (Studi Komparasi Terhadap Pengalaman Pengguna Shopee, Lazada, dan Tokopedia),” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 6, no. 1, pp. 73–82, 2020, doi: 10.33633/andharupa.v6i1.3194.