Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Dinas XYZ Menggunakan Framework COBIT 5

Information Technology Governance Audit at XYZ Agency Using COBIT 5 Framework Framework

  • Dewa Ngakan Made Dwi Angga Zena Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita
  • Anak Agung Ngurah Hary Susila

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin cepat akan mendorong setiap instansi untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Audit tata kelola TI merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan pada Dinas XYZ yang memanfaatkan teknologi informasi sebagai penunjang proses pelayanan administrasi kependudukan. COBIT 5 merupakan suatu panduan standar yang memuat prinsip dan praktek dalam meningkatkan pencapaian tujuan organisasi dalam aspek manajemen dan tata kelola TI. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan tingkat kapabilitas dari 5 proses TI terpilih berada pada level rendah yaitu DSS01, DSS04, DSS02, BAI01 dan APO07 berada pada level 1, sedangkan harapan kapabilitas dari pimpinan instansi untuk DSS01, DSS04, DSS02, BAI01, APO07 berada pada level 3,4,3,3,3. Hasil audit tata kelola TI yang telah dilakukan menunjukkan adanya gap antara tingkat kematangan saat ini dengan tingkat kematangan yang diharapkan sehingga selanjutnya akan disusun saran rekomendasi perbaikan tata kelola TI menurut kerangka kerja COBIT 5 dan COSO.

References

[1] N. R. Widya Utami, "Audit Capability EAM menggunakan COBIT 5 dan," Merpati, vol. 4, no. 3, pp. 195-204., 2016.
[2] Maskur, N. Adolong and R. Mokodongan, "Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 di BPMPTSP Bone Bolange," Masyarakat Telematika dan Informasi, vol. 8, no. 2, pp. 109-126, 2017.
[3] I. P. A. Ambara Putra, I. M. Sukarsa and I. P. A. Bayupati, "Audit Ti Kinerja Manajemen Pt. X Dengan Frame Work Cobit 4.1," Lontar Komputer, Vols. VOL.6 , NO.1, pp. 1-12, 2015.
[4] A. A. N. A. AdityaWinata, I. M. Sukarsa and N. K. D. Rusjayanthi , "Audit Layanan SKA (Surat Keterangan Asal) Untuk Barang Ekspor Menggunakan Framework COBIT 5," Merpati, vol. 7, pp. 1-10, 2019.
[5] C. A. Wahyuningtyas, I. K. Adi Purnawan and N. M. Ika Marini Mandenni , "Audit Tata Kelola TI Perusahaan X Dengan COBIT 5," Merpati, Vols. VOL. 7, NO. 3 , pp. 1-9, 2019.
[6] G. A. Theresia Krisanthi, I. M. Sukarsa and I. P. A. Bayupati, "Governance Audit Of Application Procurement Using Cobit Framework," Journal of Theoretical and Applied Information Technology, vol. Vol. 59 No.2 , pp. 1-10, 2014.
[7] U. Sa’diyah and A. D. Manuputty, "Analisa Tata Kelola E-Government Pemerintahan Kota Salatiga Menggunakan Framework COBIT 5 Domain APO," Sentika, pp. 1-9, 2018.
[8] T. S. Agoan, H. F. Wowor and S. Karouw, "Analisa Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Manado Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Evaluate, Deirect, Monitor (EDM) dan Deliver, Service, and Support (DSS)," E-Journal Teknik Informatika, Vols. Vol 10, No.1, pp. 1-9, 2017.
[9] I. K. A. Purnawan, "Pedoman Tata Kelola Teknologi Informasi Menggunakan IT Governance Design Frame Work (Cobit) Pada PT. X," Lontar Komputer, vol. 6, no. 3, pp. 01-06, 2015.
[10] A. Hasan and A. Arief, "Pengukuran Tingkat Kematangan E-Goverment pada Pemerintah Daerah Kepulauan," PROtek, vol. 05, no. 1, pp. 01-06, 2018.
[11] O. Liandi and Fitria, "Evaluasi Tata Kelola Framework COBIT 5 pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil," Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, vol. 5, no. 02, pp. 01-02, 2019.
Published
2021-06-12
How to Cite
ANGGA ZENA, Dewa Ngakan Made Dwi; ARYA SASMITA, Gusti Made; HARY SUSILA, Anak Agung Ngurah. Audit Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Dinas XYZ Menggunakan Framework COBIT 5. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 343-353, june 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/74082>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.