Aplikasi Buku Saku Pura Luhur Batukau Berbasis Android

  • I Putu Mega Putra Parayana Universitas Udayana
  • Dwi Putra Githa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Indonesia
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Indonesia

Abstract

ABSTRAK
 

Kegiatan kunjungan bagi sejumlah orang ke beberapa tujuan peribadatan dan kebudayaan di tempat-tempat tertentu dapat dimudahkan dengan adanya perangkat teknologi seperti smartphone maupun tablet-PC. Pura Luhur Batukau menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk melakukan aktivitas keagamaan, kebudayaan dan kegiatan wisata. Adanya aplikasi Buku Saku Pura Luhur Batukau berbasis Android, pengunjung dapat mengakses berbagai informasi mengenai Pura Luhur Batukau.  Aplikasi buku saku ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman JavaScript dengan sistem React Native melalui Expo untuk menjamin kemudahan dalam pengembangan dan penggunaannya sedangkan metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini menggunakan Model Waterfall sehingga sistematis dan berurutan. Aplikasi ini dirancang berdasarkan kebutuhan pengunjung supaya lebih memahami seluk beluk Pura Luhur Batukau sebagai salah satu objek kebudayaan dan pariwisata lalu semakin dimudahkan dengan layanan offline sehingga pengunjung bebas menggunakan aplikasi ini dimanapun dan kapanpun tanpa perlu adanya akses internet.

References

[1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2013). Rencana Pengelolaan Lansekap Budaya Provinsi Bali, Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung A Lt. 2, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat Telepon: (021) 5733353
[2] Dinas Kebudayaan Provinsi Bali (2015). Buku Purana Pura Luhur Batukaru, Renon Denpasar
[3] Achyarudin, Y., Zulkarnaen, A. H., & Rachmadi, M. (2013). Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada STMIK Global Informatika Multi Data Palembang. Sistem Informasi Akademik Berbasis Android Pada Stmik Global Informatika Multi Data Palembang, 7.
[4] Adi Prayoga, A. G., Bayupati, I. P. A., & Wiranatha, A. A. K. A. C. (2015). Game Edukasi Mengenal Huruf Katakana dan Hiragana Berbasis Android. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 6(3), 150. https://doi.org/10.24843/lkjiti.2015.v06.i03.p02
[5] Aini, A. (2007). Sistem Informasi Geografis Pengertian dan Aplikasinya. Diakses Dari Http://Stmik. Amikom. Ac. Id/[Diakses 24 Maret 2013].
[6] Anantha, P., Yogantara, P., Sudana, A. A. K. O., Made, N., & Marini, I. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Tembang Bali Tradisional Berbasis Android. Merpati, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24843/JIM
[7] Andika, I. P. P., Bayupati, I. P. A., & Wirdiani, N. K. A. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Pendeteksi Tipe Dan Nilai Resistor Berbasis Android. Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 6(1), 61–72.
[8] AngelinaWidyaG., P., Made Sukarsa, I., & Nyoman Piarsa, I. (2013). Design of Automated Process in Supply Chain Application based on Supplier's Ranked and Quota. International Journal of Computer Applications, 61(15), 17–23. https://doi.org/10.5120/10004-4868
[9] Arismawan, P., Kusuma, J., Purnawan, I. K. A., Made, N., & Marini, I. (2015). Aplikasi Sistem Informasi Hotel Berbasis Android. Merpati, 3(1), 16–22.\
[10] Arnhold, M., Quade, M., & Kirch, W. (2014). Mobile applications for diabetics: A systematic review and expert-based usability evaluation considering the special requirements of diabetes patients age 50 years or older. Journal of Medical Internet Research, 16(4), 1–18. https://doi.org/10.2196/jmir.2968
[11] FLANAGAN, D. (2004). Javascript: O guiaDefinitivo.https://books.google.pt/books?hl=ptPT&lr=&id=zWNyDgAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=javascript&ots=IzycE5H9iJ&sig=OysKCaDD5sBRUA-ojxIP3G3JAwI&redir_esc=y#v=onepage&q=javascript&f=false
[12] Hamrul, H., Tetap, D., Univokroaminoto, Y., Basic, V., & Pendahuluan, I. (2012). Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo | 42 Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo | 43. 42–48.
[13] Handojo, A., Andjarwirawan, J., Sunaryo, S., & Lim, R. (2014). Heroic battle of Surabaya application based on android. ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, 9(12), 2396–2403.
[14] Harrison, R., Flood, D., & Duce, D. (2013). Usability of mobile applications: literature review and rationale for a new usability model. Journal of Interaction Science, 1(1), 1. https://doi.org/10.1186/2194-0827-1-1
[15] Heripracoyo, S. (2009). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Persediaan Pada Pt . Oliser Indonesia. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (SNATI 2009), 2009(Snati), 93–100.
[16] Kusumawaty, A. (2012). Aplikasi Pemesanan Makanan Pada Restoran Berbasis Android dan PHP Menggunakan Protokol JSON. Universitas Gunadarma, 1–8.
[17] Lukito, Y., & Chrismanto, A. R. (2015). Perbandingan Metode-Metode Klasifikasi untuk Indoor Positioning System. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(2), 123–131. https://doi.org/10.28932/jutisi.v1i2.373
[18] Mahmood, F. M., & Bin Abdul Salam, Z. A. (2013). A conceptual framework for personalized location-based Services (LBS) tourism mobile application leveraging semantic web to enhance tourism experience. Proceedings of the 2013 3rd IEEE International Advance Computing Conference, IACC 2013, 287–291. https://doi.org/10.1109/IAdCC.2013.6514237
[19] Maryono, Y., Suyoto, S., & Mudjihartono, P. (2010). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Aset TIK Studi Kasus: Asmi Santa Maria Yogyakarta. Jurnal Buana Informatika, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.24002/jbi.v1i2.298
[20] Munandar, A. (2015). Implementasi Sistem Publikasi Jurnal Per Terbitan Berbasis Web Pada Universitas U ’ Budiyah Indonesia Berbasis Web Pada Universitas U ’ Budiyah Indonesia. Jurnal Pertertiban, 1–93. https://karil.uui.ac.id/berkas/131020120075-1-f32d231f06395f86670b1581a38afafe.pdf
[21] Oka Sudana, A. A. K., Kepakisan, I. W. G. M., & Rusjayanthi, N. K. D. (2016). Implementation of tree structure and recursive algorithm for Balinese traditional snack recipe on android based application. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 10(4), 43–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v10i4.5953\
[22] Pratama, S., Agung, G., & Putri, A. (2012). Rancang Bangun Aplikasi Pendidikan Jarak Jauh Berbasis Cscl (Computer-Supported Collaborative Learning). Lontar Komputer : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 2(1). https://doi.org/10.24843/LKJITI
[23] Priangga, A. A., & Budisusanto, Y. (n.d.). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS BERBASIS MOBILE ANDROID UNTUK STUDI KEBOCORAN JARINGAN PIPA PDAM ( Studi Kasus : Sub Zona 109 , Kota Surabaya ) Latar Belakang PDAM Kota Surabaya merupakan peninggalan jaman Belanda dengan visi menyediakan air minum.
[24] Reactjs.org. (2012). React A JavaScript library for building user interfaces. Reactjs.Org. https://reactjs.org/
[25] reactnative.dev. (2012). React Native. Reactnative.Dev. https://reactnative.dev/
[26] reactnavigation.org. (2012). React Navigation Routing and navigation for your React Native apps. Reactnavigation.Org. https://reactnavigation.org/
[27] Satriawan, I. W. D., Made, I. G., Sasmita, A., & Bayupati, I. P. A. (2016). Aplikasi Enkripsi Sms Dengan Metode RSA Pada Smartphone Berbasis Android. Merpati, 2(2), 127–134. https://doi.org/10.24843/JIM
Published
2021-01-29
How to Cite
PARAYANA, I Putu Mega Putra; GITHA, Dwi Putra; MANDENNI, Ni Made Ika Marini. Aplikasi Buku Saku Pura Luhur Batukau Berbasis Android. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 285-301, jan. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/70114>. Date accessed: 17 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.