Segmentasi Buah Apel Menggunakan Framework YOLACT Arsitektur Resnet-101

  • i kadek gunawan Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Universitas Udayana

Abstract

Apel merupakan salah satu buah yang populer di dunia. Apel pertama kali tumbuh di Kawasan Asia tengah kemudian berkembang luas ke wilayah yang lebih dingin. Apel dapat diolah menjadi minuman kemasan. Produksi pengolahan apel, dibutuhkan proses untuk memilah apel baik berdasarkan kematangan, kondisi buah, ataupun ukuran buah apel sesuai dengan kebutuhan. Pada produksi skala besar hal ini menjadi tantangan karena membutuhkan tenaga kerja yang tidak sedikit. Penelitian ini mengusulkan sistem segmentasi buah apel dengan menggunakan Framework YOLACT dengan arsitektur Resnet-101 yang merupakan salah satu arsitektur Convolutional Neural Network. Sistem yang dibuat diharapkan mempermudah pemilahan ataupun penghitungan apel pada manufaktur skala besar. Proses segmentasi menggunakan YOLACT teridiri dari Feature backbone, Feature Pyramid Network, Protonet, Prediction Head, NMS, cropping dan thresholding. Tiga jenis apel digunakan dalam penelitian ini yaitu Fuji, Red Delicious, dan Gala Apple. mAP rata rata tertinggi diperoleh dengan model YOLACT iterasi 10000, yaitu sebesar 83,12%

Author Biographies

i kadek gunawan, Universitas Udayana

Teknologi Informasi

I Putu Agung Bayupati, Universitas Udayana

Teknologi Informasi

Kadek Suar Wibawa, Universitas Udayana

Teknologi Informasi

Published
2021-01-24
How to Cite
GUNAWAN, i kadek; BAYUPATI, I Putu Agung; WIBAWA, Kadek Suar. Segmentasi Buah Apel Menggunakan Framework YOLACT Arsitektur Resnet-101. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 234-242, jan. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/69675>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/jitter.v1i2.69675.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.