Sistem Hitung Kendaraan Berdasarkan Jenis Menggunakan Metode Background Subtraction

  • Laurensius Adi Kurniawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Kadek Suar Wibawa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perhitungan jumlah kendaraan menjadi pekerjaan yang memerlukan konsentrasi dan waktu seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang beredar. Perhitungan kendaraan secara manual oleh manusia dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan kesalahan perhitungan dikarenakan fokus manusia dapat berkurang apabila melakukan suatu hal dalam waktu yang lama. Diperlukan sistem hitung kendaraan yang bekerja secara otomatis untuk membantu manusia dalam menghitung jumlah kendaraan. Penelitian ini menawarkan sistem yang dapat menghitung jumlah kendaraan berdasarkan jenis secara otomatis menggunakan Metode Background Subtraction. Klasifikasi kendaraan dibagi menjadi 3 yaitu sepeda motor, mobil, dan bus. Klasifikasi kendaraan ditentukan dari keliling Region of Interest dimana keliling dalam satuan pixel. Pengujian yang dilakukan pada 3 video data uji menghasilkan perhitungan yang akurat pada data uji video 1, tetapi pada pengujian video 2 dan video 3 menunjukkan adanya perbedaan jumlah antara hasil perhitungan manual dan perhitungan sistem pada kendaraan sepeda motor. Kesalahan perhitungan jumlah sepeda motor terjadi dikarenakan objek sepeda motor memiliki ukuran kecil dan cenderung berwarna gelap sama seperti warna jalan sehingga tidak terdeteksi sebagai objek kendaraan karena dianggap sebagai background.

Published
2021-01-24
How to Cite
KURNIAWAN, Laurensius Adi; BAYUPATI, I Putu Agung; SUAR WIBAWA, Kadek. Sistem Hitung Kendaraan Berdasarkan Jenis Menggunakan Metode Background Subtraction. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 265-273, jan. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/69637>. Date accessed: 17 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.