Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan

  • R. Arif Yudarmawan Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. Kompiang Oka Sudana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Dewa Made Sri Arsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Rumah sakit sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat membutuhkan proses penanganan yang tepat dan akurat. Perkembangan teknologi dapat membantu mempercepat proses pelayanan yang terjadi di rumah sakit salah satunya dengan bantuan sistem informasi. Sistem informasi yang dibuat harus memperhatikan salah satu faktor yaitu user interface dan user experience karena dapat mempengaruhi keberhasilan penggunaan sistem. User interface sangat penting karena interaksi antara pengguna dengan sistem terjadi pada user interface, sedangkan user experience memberikan penilaian terhadap keberhasilan sistem yang dibuat. Perancangan yang dibuat telah dilakukan pengujian untuk mengetahui kegunaannya dengan menggunakan metode System Usability Scale yang mendapatkan nilai rata-rata sebesar 71,5 dan pengujian untuk mengetahui pengalaman pengguna menggunakan metode User Experience Questionnaire yang mendapatkan nilai rata-rata berdasarkan 6 skala yaitu sebesar 1,835. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan, perancangan yang telah dibuat mendapatkan respon positif dan layak untuk dikembangkan.

References

[1] P. Gamaswara, A. A. . O. Sudana, and N. M. I. M. Mandenni, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Modul Layanan Pada Rumah Sakit,” Lontar Komput. J. Ilm. Teknol. Inf., vol. 6, no. 3, p. 162, 2015, doi: 10.24843/lkjiti.2015.v06.i03.p03.
[2] R. H. Simamora, “Documentation of patient identification into the electronic system to improve the quality of nursing services,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 8, no. 9, pp. 1884–1886, 2019.
[3] F. Hakam, “Analisis Penyediaan Rekam Medis Pasien Rawat Jalan Berdasarkan Standar Operasional Prosedur (SOP) Di Puskesmas X,” J. Manaj. Inf. dan Adm. Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 11–15, 2018, doi: 10.32585/jmiak.v1i1.119.
[4] A. N. Renny and P. Beni, “Sistem Informasi Rekam Medis,” J. Manaj. Sist. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 147–158, 2016.
[5] Y. AdiNugrahaPaturusi, I. Made Sukarsa, and I. Gusti Made Arya Sasmita, “Hospital Information Sharing based on Social Network Web,” Int. J. Comput. Appl., vol. 56, no. 5, pp. 18–24, 2012, doi: 10.5120/8887-2888.
[6] M. D. Ariawan, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Perancangan User Interface Design dan User Experience Mobile Responsive Pada Website Perusahaan,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 161, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1896.
[7] H. Almakky, R. Sahandi, and J. Taylor, “The effect of culture on user interface design of social media - A case study on preferences of Saudi Arabians on the Arabic user interface of Facebook,” Int. J. Soc. Educ. Econ. Bus. Ind. Eng., vol. 9, no. 1, pp. 107–111, 2015, [Online]. Available: http://waset.org/publications/10000156.
[8] E. Susilo, F. D. Wijaya, and R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 150–157, 2018, doi: 10.22146/jnteti.v7i2.416.
[9] W. A. Febrianto, W. H. N. Putra, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire ( UEQ ) ( Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 6099–6106, 2019.
[10] D. Yulianto, R. Hartanto, and P. I. Santosa, “Evaluasi Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality Menggunakan System Usability Scale dan User Experience Questionnaire,” Rekayasa Sist. dan Teknol. Inf., vol. 4, no. 3, pp. 482–488, 2020.
[11] C. A. Prawastiyo and I. Hermawan, “Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta Dengan Menggunakan Metode UCD ( User Centered Design ),” vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2020.
[12] I. Rochmawati, “Analisis User Interface Situs Web iwearup.com,” Visualita, vol. 7, no. 2, p. 14, 2019, [Online]. Available: https://ojs.unikom.ac.id/index.php/visualita/article/download/1459/1006.
[13] B. S. Muhammad Multazam, Irving Vitra Paputungan, “Perancangan user interface dan User experience pada placeplus menggunakan pendekatan user centered design,” Informatics Dep. Univ. Islam Indones., vol. 1, no. 2, 2020.
[14] M. N. El Ghiffary, T. D. Susanto, and A. H. Prabowo, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride),” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.28723.
[15] F. R. Pambajeng, “Pengembangan User Interface (Ui) Dan User Experience (Ux) Aplikasi Cashoop Untuk Pengelolaan Keuangan Pribadi,” JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 20–33, 2019, doi: 10.12928/jstie.v7i1.15801.
[16] R. F. A. Aziza and Y. T. Hidayat, “Analisa Usability Desain User Interface Pada Website,” vol. 13, no. 1, pp. 7–11, 2019.
[17] U. Ependi, F. Panjaitan, and H. Hutrianto, “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, p. 80, 2017, doi: 10.20473/jisebi.3.2.80-86.
[18] Rasmila, “Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Palembang,” JUSIFO J. Sist. Inf., vol. 02, no. Vol 2 No 1 (2018): JUSIFO, pp. 108–121, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2445.
[19] H. Santoso, M. Schrepp, R. Y. Kartono Isal, A. Yudha Utom, and B. Priyogi, “Measuring the User Experience,” J. Educ. Online, vol. 13, no. 1, 2016, doi: 10.9743/jeo.2016.1.5.
[20] J. J. Garrett, The Scope Plane - Functional Requirements and Content Requirements. 2011.
Published
2021-01-21
How to Cite
YUDARMAWAN, R. Arif; SUDANA, A. A. Kompiang Oka; ARSA, Dewa Made Sri. Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 222-233, jan. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/69585>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/jitter.v1i2.69585.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.