Pengembangan UI dan UX SIMRS Pada Bagian Front Office

  • Komang Febby Sanjiwani Technology Information, Udayana University, Indonesia
  • A.A Kompiang Oka Sudana Technology Information, Udayana University, Indonesia
  • I Putu Arya Dharmaadi Technology Information, Udayana University, Indonesia

Abstract

Rumah sakit sebagai salah satu fasilitas umum yang ada di masyarakat menjadikan front office sebagai bagian penting yang harus ada. Perkembangan teknologi membawa pengaruh di rumah sakit untuk mulai menerapkan sentuhan teknologi pada bisnis prosesnya. Pemanfaatan sistem informasi manajemen dirasa penting dilakukan saat ini. Salah satu faktor penting dalam perancangan sistem informasi manajemen adalah faktor user interface dan faktor user experience. User interface dan user experience menjadi faktor penting karena interaksi antara sistem dan pengguna terjadi pada user interface. User experience membawa pengaruh besar terhadap bekerhasilan sistem karena user experience memberikan penilaian terhadap kelayakan sebuah sistem. Perancangan yang dilakukan telah diuji menggunakan metode System Usability Scale untuk menguji kegunaan dari rancangan yang dibuat dan mendapat nilai sebesar 82,08 serta pengujian menggunakan metode User Experience Questionnaire untuk menguji pengalaman pengguna dan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,553. Dapat disimpulkan perancangan yang dibuat mendapat penilaian positif dari pengguna dan layak untuk dikembangkan.

References

[1] R. A. Listiyono, “Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan di Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B,” J. Kebijak. dan Manaj. Publik, vol. 1, no. 1, pp. 2–7, 2015, [Online]. Available: http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp1ad01a2a56full.pdf.
[2] Y. AdiNugrahaPaturusi, I. Made Sukarsa, and I. Gusti Made Arya Sasmita, “Hospital Information Sharing based on Social Network Web,” Int. J. Comput. Appl., vol. 56, no. 5, pp. 18–24, 2012, doi: 10.5120/8887-2888.
[3] P. Oktamianti and A. Pebrina, “Kajian Kebutuhan Pengembangan Rumah Sakit Pemerintah Daerah Kelas B di Provinsi Sulawesi Utara,” J. ARSI, vol. 5, no. 2, pp. 59–71, 2019.
[4] D. Damiyana and D. M. Sari, “Tugas Dan Tanggung Jawab Staff Front Office Pada Rumah Sakit Mekarsari,” J. Lentera Bisnis, vol. 9, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.34127/jrlab.v9i1.334.
[5] I. M. A. Sanjaya, P. W. Buana, and I. K. A. Purnawan, “Sistem Informasi Manajemen Veteriner Berbasis Mobile Platform Android,” Merpati, vol. 4, no. Vol. 4, No. 3 Desember 2016, pp. 205–213, 2016, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/26878.
[6] N. Nwiabu, I. Allison, P. Holt, P. Lowit, and B. Oyeneyin, “User interface design for situation-aware decision support systems,” 2012 IEEE Int. Multi-Disciplinary Conf. Cogn. Methods Situat. Aware. Decis. Support. CogSIMA 2012, pp. 332–339, 2012, doi: 10.1109/CogSIMA.2012.6188405.
[7] E. Susilo, F. D. Wijaya, and R. Hartanto, “Perancangan dan Evaluasi User Interface Aplikasi Smart Grid Berbasis Mobile Application,” J. Nas. Tek. Elektro dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 2, pp. 150–157, 2018, doi: 10.22146/jnteti.v7i2.416.
[8] H. B. Santoso, R. Y. K. Isal, T. Basaruddin, L. Sadira, and M. Schrepp, “Research-in-progress: User experience evaluation of Student Centered E-Learning Environment for computer science program,” Proc. - 2014 3rd Int. Conf. User Sci. Eng. Exp. Eng. Engag. i-USEr 2014, pp. 52–55, 2015, doi: 10.1109/IUSER.2014.7002676.
[9] W. A. Febrianto, W. H. N. Putra, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Sistem Informasi Puskesmas Paperless menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire ( UEQ ) ( Studi Kasus : Puskesmas Tarik Kabupaten Sidoarjo ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, pp. 6099–6106, 2019.
[10] F. Apriliansyah, I. Fitri, and A. Iskandar, “Jurnal Teknologi dan Manajemen Informatika,” J. Teknol. Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 184–191, 2018, [Online]. Available: https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/20707.
[11] P. Lavrakas, “Usability Testing,” Encycl. Surv. Res. Methods, vol. 8, no. 1, pp. 12–22, 2013, doi: 10.4135/9781412963947.n615.
[12] L. A. M. Pangistu, A. Azhari, and A. Aktawan, “Visualisasi Informasi Website International Conference Berdasarkan Web-Quality Framework,” Mob. Forensics, vol. 1, no. 2, p. 31, 2019, doi: 10.12928/mf.v1i2.1282.
[13] A. Suryoputro, R. T. Budiyanti, and M. Nofitri, “Evaluasi ‘Sayang Ibu’: Aplikasi Kegawatdaruratan Ibu Hamil,” Cermin Dunia Kedokt., vol. 47, no. 7, pp. 510–514, 2020, [Online]. Available: http://www.cdkjournal.com/index.php/CDK/article/view/912.
[14] M. N. El Ghiffary, T. D. Susanto, and A. H. Prabowo, “Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride),” J. Tek. ITS, vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.12962/j23373539.v7i1.28723.
[15] T. Schalatter and D. Levinson, Visual usability: principles and practices for designing digital applications, vol. 53, no. 9. 2013.
[16] N. Bevan, J. Carter, and S. Harker, “Iso 9241-11 revised: What have we learnt about usability since 1998?,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 9169, pp. 143–151, 2015, doi: 10.1007/978-3-319-20901-2_13.
[17] M. S. Hartawan, “Analisa user interface untuk meningkatkan user experience menggunakan usability testing pada aplikasi android pemesanan test drive mobil,” J. Teknol. Inf. ESIT, Univ. Krisnadwipayana, vol. 14, no. 2, pp. 46–52, 2019.
[18] I. A. H.N, P. I. Nugroho, and R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale,” J. IPTEKKOM J. Ilmu Pengetah. Teknol. Inf., vol. 17, no. 1, p. 31, 2015, doi: 10.33164/iptekkom.17.1.2015.31-38.
[19] Rasmila, “Evaluasi Website Dengan Menggunakan System Usability Scale (SUS) Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Palembang,” JUSIFO J. Sist. Inf., vol. 02, no. Vol 2 No 1 (2018): JUSIFO, pp. 108–121, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jusifo/article/view/2445.
[20] A. Sularsa and A. S. Prihatmanto, “Evaluasi User Experiences Produk iDigital Museum dengan Menggunakan UEQ,” J. Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 56–62, 2015.
[21] M. Schrepp, A. Hinderks, and J. Thomaschewski, “Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ),” Int. J. Interact. Multimed. Artif. Intell., vol. 4, no. 4, p. 40, 2017, doi: 10.9781/ijimai.2017.445.
Published
2021-01-20
How to Cite
SANJIWANI, Komang Febby; SUDANA, A.A Kompiang Oka; DHARMAADI, I Putu Arya. Pengembangan UI dan UX SIMRS Pada Bagian Front Office. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 175-186, jan. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/69582>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/jitter.v1i2.69582.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.