Pengembangan User Interface dan User Experience SIMRS untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Bagian Farmasi
Abstract
Pelayanan kesehatan bagian farmasi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem informasi pelayanan kesehatan rumah sakit. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) yang digunakan dalam sebuah rumah sakit membutuhkan pembaharuan dari segi tampilan User Interface (UI) yang dinilai susah digunakan oleh pengguna dan dari segi tampilan kurang menarik. Pengembangan UI dan User Experience (UX) agar SIMRS yang digunakan menjadi sesuai dengan bisnis proses sehingga lebih mudah digunakan pengguna dan memiliki tampilan yang lebih menarik dirasa perlu. Pengembangan UI ini menggunakan metode User Centered Design (UCD), hasil desain UI di uji coba menggunakan usability test dan User Experience (UX). Usability test menggunakan System Usability Scale (SUS) dan Uji UX menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ). Hasil dari penelitian ini adalah perancangan UI dengan hasil uji coba usability mendapatkan nilai 78 yang dapat dikategorikan good. Sedangkan untuk UEQ mendapatkan nilai baik dan di atas rata-rata.
References
[2] H. Wowor, D. M. Liando, and J. Rares, “Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan,” J. Ilmu Sos. Pengelolaan Sumberd. Pembang., vol. 3, pp. 103–122, 2016, [Online]. Available: http://library1.nida.ac.th/termpaper6/sd/2554/19755.pdf.
[3] E. Yulianti, A. A. K. O. Sudana, and N. M. I. M. Mandenni, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Modul Farmasi,” Lontar Komput., vol. 6, no. 2, pp. 96–107, 2015,.
[4] N. Syahirsah, I. Aknuranda, and H. Aryadita, “Evaluasi dan Perbaikan Desain Antar Muka Pengguna Situs Talangin . com,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6618–6626, 2018.
[5] H. Joo, “A study on understanding of UI and UX, and understanding of design according to user interface change,” Int. J. Appl. Eng. Res., vol. 12, no. 20, pp. 9931–9935, 2017.
[6] G. Karnawan, S. Andryana, and R. T. Komalasari, “Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications,” J. Teknol. dan Manaj. Inform., vol. 6, no. 1, pp. 10–17, 2020.
[7] C. A. Prawastiyo and I. Hermawan, “Pengembangan Front-End Website Perpustakaan Politeknik Negeri Jakarta Dengan Menggunakan Metode UCD ( User Centered Design ),” vol. 1, no. 2, pp. 1–11, 2020.
[8] R. Nurhabibie, I. V Paputungan, and B. Suranto, “Pengembangan User Experience pada website AyoSparring menggunakan Pendekatan User- Centered Design dan Metode Heuristic Evaluation,” 2020.
[9] I. S. Widiati and P. S. Informatika, “Pengembangan E-Commerce Produk Fashion Menggunakan Metode User Centered Design,” vol. 5, no. 2, pp. 31–43, 2019.
[10] E. Ali, “Metode User Centered Design (UCD) dalam Membangun Aplikasi Layanan Manajerial di Perguruan Tinggi,” Sains dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2016,.
[11] D. L. Kaligis and R. R. Fatri, “Pengembangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Survei Berbasis Web Dengan Metode User Centered Design,” JUST IT J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. dan Komput., vol. 10, no. 2, pp. 106–114, 2020.
[12] D. S. Dewi, A. H. Brata, and L. Fanani, “Penerapan User Centered Design dalam Pembangunan Aplikasi Informasi Hostel berbasis Android,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 12, p. 964X, 2018.
[13] Z. Munawar, M. I. Fudsyi, and D. Z. Musadad, “Perancangan Interface Aplikasi Pencatatan Persediaan Barang Di Kios Buku Palasari Bandung Dengan Metode User Centered Design Menggunakan Balsamiq Mockups,” J. Inform., vol. 6, no. 2, pp. 10–20, 2019.
[14] B. S. Muhammad Multazam, Irving Vitra Paputungan, “Perancangan user interface dan User experience pada placeplus menggunakan pendekatan user centered design,” Informatics Dep. Univ. Islam Indones., vol. 1, no. 2, 2020.
[15] L. Taroreh and M. Y. B. Kalalo, “Ipteks Faktor – Faktor Penghambat Proses Pelaporan Data Sistem Informasi Rumah Sakit (Sirs) Berbasis Online Pada Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado,” J. Ipteks Akunt. Bagi Masy., vol. 2, no. 02, pp. 632–635, 2018, doi: 10.32400/jiam.2.02.2018.21848.
[16] D. Setyawan, “Analisis Implementasi Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Pada Rsud Kardinah Tegal,” Indones. J. Comput. Inf. Technol., vol. 1, no. 2, pp. 54–61, 2016,.
[17] R. Ramadan, H. M. Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Perancangan User Interface Aplikasi EzyPay menggunakan Metode Design Sprint (Studi Kasus PT. Arta Elektronik Indonesia),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 9, p. 964X, 2019.
[18] M. Huda, W. W. Winarno, and E. T. Lutfi, “Evaluasi User Interface Pada Sistem Informasi Akademik Di Stie Putra Bangsa Menggunakan Metode User Centered Systems Design,” J. Ekon. Dan Tek. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 42–59, 2017,
[19] R. D. Munthe, K. C. Brata, and L. Fanani, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 7, p. 2680, 2018.
[20] H. Rachmi and S. Nurwahyui, “Pengujian Usability Lokamedia Website Menggunakan System Usability Scale,” AL-KHIDMAH, vol. 1, no. 1, pp. 86–92, 2018,
[21] U. Ependi, F. Panjaitan, and H. Hutrianto, “System Usability Scale Antarmuka Palembang Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 3, no. 2, p. 80, 2017, doi: 10.20473/jisebi.3.2.80-86.
[22] S. V. Izabal, I. Aknuranda, and H. M. Az-zahra, “Evaluasi dan Perbaikan User Experience Menggunakan User Experience Questionnaire ( UEQ ) dan Focus Group Discussion ( FGD ) pada Situs Web FILKOM Apps Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 9, pp. 3224–3232, 2018.