Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Modul Single Sign On

  • I Gede Ary Paramartha Teknologi Informasi Universitas Udayana
  • A.A. Kompiang Oka Sudana Universtias Udayana, Program Studi Teknologi Informasi, Indonesia
  • I Made Suwija Putra Universtias Udayana, Program Studi Teknologi Informasi, Indonesia

Abstract

 

Rumah sakit membutuhkan sistem informasi yang dapat mengelola dan mengolah data yang dimiliki oleh rumah sakit tersebut. Sistem konvensional yang dimiliki rumah sakit pada umumnya mengakibatkan keterlambatan penanganan dikarenakan sistem yang masih menggunakan cara manual dan pengolahan data yang masih dilakukan secara tertulis. Sistem informasi baru dengan basis web dapat membantu dalam proses pengolahan data serta penyimpanan data. Penggunaan sistem informasi memerlukan sebuah cara untuk membatasi akses kedalam sistem informasi. Sistem informasi terintegrasi dapat membantu bisnis proses. Adanya Single Sign On sebagai Identity Provider dapat membantu menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini berfokus pada perancangan user interface dan user experience dari sistem informasi manajemen rumah sakit untuk modul single sign on karena desain memiliki peran yang penting dalam penggunaan sistem informasi. Perancangan user interface pada sistem informasi manajemen rumah sakit modul single sign on menggunakan pendekatan User Centered Design dan di uji cobakan menggunakan System Usability Scale dan 5 seconds test.

Author Biographies

A.A. Kompiang Oka Sudana, Universtias Udayana, Program Studi Teknologi Informasi, Indonesia
 

 

I Made Suwija Putra, Universtias Udayana, Program Studi Teknologi Informasi, Indonesia
 

 

Published
2021-01-21
How to Cite
PARAMARTHA, I Gede Ary; SUDANA, A.A. Kompiang Oka; PUTRA, I Made Suwija. Perancangan User Interface dan User Experience Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Modul Single Sign On. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 199-210, jan. 2021. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/69540>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/jitter.v1i2.69540.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.