APLIKASI MARKETPLACE DENGAN FITUR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

  • Made Dwika Junata Darma Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa
  • Dewa Made Sri Arsa
  • Ni Putu Sutramiani

Abstract

Perilaku konsumsi masyarakat Indonesia meningkat seiring perkembangan teknologi. Alvara tahun 2019 menunjukkan tingkat pencarian iklan di Indonesia pada tahun 2020 diproyeksikan meningkat menjadi US $ 130 milyar dibandingkan tahun 2016 (US $ 8 milyar). Kondisi tersebut berkaitan dengan peningkatan transaksi melalui marketplace. Meskipun demikian, pasar yang ada masih memiliki kelemahan, yaitu tidak adanya fasilitas pencarian lokasi toko online yang dituju. Hal tersebut menyebabkan pembeli kesulitan menemukan letak lokasi dari toko yang ingin ditemui. Masalah tersebut, maka dibuatlah aplikasi marketplace yang dilengkapi dengan fitur tambahan sistem informasi geografis yang memanfaatkan teknologi dari Google Maps API untuk memberikan informasi mengenai keberadaan suatu tempat usaha yang dapat diakses melalui smartphone dengan platform Android. Hasil uji coba implementasi terhadap 30 responden melalui kuesioner menunjukkan bahwa 72,6% responden sangat setuju aplikasi dapat diterapkan dengan baik, tampilan sudah sesuai (84,4%), dan dapat mempermudah menemukan lokasi dari toko atau iklan yang diinginkan (57,2%) ). Sistem diharapkan dapat diimplementasikan pada sistem selain Android. dan dapat mempermudah menemukan lokasi dari toko atau iklan yang diinginkan (57,2%). Sistem diharapkan dapat diimplementasikan pada sistem selain Android. dan dapat mempermudah menemukan lokasi dari toko atau iklan yang diinginkan (57,2%). Sistem diharapkan dapat diimplementasikan pada sistem selain Android.

References

[1]. E. Ho. “Delloitte Consumer Insights Capturing Indonesia’s Latent Market”, Asia Tenggara, Deloitte, 2015. Akses: 19 April 2018.
[2]. Rachman. “Evaluating Cultural Web Usability in Global E-commerce Sites”, Univ. Inf. Technol, Manag. Sci, 2012.
[3]. B. Barus, Wiradisastra. “Sistem Informasi Geografi, Laboratorium Penginderaan Jauh dan Kartografi”, Institut Pertanian Bogor, 2000.
[4]. K. Peffers. “A Design Science Research Methodology for Information Systems Research”, Journal of Management Information Systems, vol. 24, no. 3, pp. 45-78, 2007.
[5]. Jogiyanto. “Analisis dan Desain Sistem Informasi”, Yogyakarta, Andi. 2005.
[6]. S. Aronoff. “Geografic Information System: A Manajement Perspective”, Ottawa, WDL Publications, 1989.
[7]. Riyanto. “Membuat Sendiri Aplikasi Mobile GIS: Platform Java ME, Blackberry, dan Android”, Yogyakarta, Andi, 2010.
[8]. Murya. “Pemrograman Android Black Box” Jakarta, Jasakom, 2013.
[9]. E. Irwansyah, S. Adhinugraha, TD. Wijaya. “Pengembangan Sistem Informasi Geografis (SIG) pada Platform Google untuk Penanggulangan Kebakaran di Jakarta Selatan”, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2011 (SNATI 2011). Jurusan Teknik Informastika, Universitas Bina Nusantara. ISSN: 1907-5022, Yogyakarta, 2011.
Published
2021-01-18
How to Cite
DARMA, Made Dwika Junata et al. APLIKASI MARKETPLACE DENGAN FITUR SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 133-142, jan. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/68985>. Date accessed: 17 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.