Sistem Informasi Silabus, RPP, dan Bank Soal Berbasis Web

  • I Komang Pande Natayasa Udayana University
  • Putu Wira Buana
  • I Putu Arya Dharmaadi

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang peting bagi pembangunan sebuah bangsa. Peningkatan kualitas pendidikan dipengaruhi oleh berbagai hal. Nilai yang diperoleh oleh siswa dan kualitas dari nilai tersebut merupakan salah satu cara mengukur kualitas pendidikan. Materi yang di nilai harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Hal ini mendasari dibutuhkan sistem informasi untuk memastikan kesesuaian antara soal dengan materi yang diajarkan. Materi yang diajarkan direncanakan terlebih dahulu dengan menyusun Silabus kemudian menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Silabus merupakan kerangka pembelajaran untuk satu semester. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran disusun untuk setiap pertemuan atau tatap muka di kelas berdasarkan Silabus. Soal yang digunakan untuk menguji kemampuan siswa harus sesuai dengan materi pada Silabus. Model pengembangan yang digunakan untuk membangun sistem informasi ini adalah model Waterfall. Hasil akhir dari sistem informasi ini adalah dapat digunakan oleh guru untuk menyusun Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Soal yang sesuai dengan materi yang diajarkan.

Published
2020-11-24
How to Cite
NATAYASA, I Komang Pande; BUANA, Putu Wira; DHARMAADI, I Putu Arya. Sistem Informasi Silabus, RPP, dan Bank Soal Berbasis Web. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 96-107, nov. 2020. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/66713>. Date accessed: 17 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.