Perbaikan Kata pada Sistem Chatbot dengan Metode Jaro Winkler

  • I Kadek Trio Putra Pinajeng Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Suwija Putra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Bali

Abstract

Kesalahan pengguna saat mengetikkan kata pada pesan sangat mempengaruhi tingkat akurasi sistem chatbot dalam memberikan pesan balasan yang tepat. Masalah ini dapat diatasi dengan menambahkan fitur perbaikan kata pada sistem chatbot sehingga kesalahan penulisan kata dapat dimengerti oleh chatbot. Penelitian ini menggunakan algoritma Jaro-Winkler untuk membuat fitur perbaikan kata. Pemilihan algoritma Jaro-Winkler berdasarkan kecepatan pemrosesan dan keefektifan dalam membandingkan string pendek sehingga cocok untuk memperbaiki kata salah. Sistem chatbot dibangun pada instant messaging Telegram dengan data pengetahuan kalender Bali khususnya Dewasa Ayu dan memiliki basis percakapan Bahasa Indonesia. Pengujian algoritma Jaro-Winkler memberikan hasil nilai rata-rata similarity sebesar 95,21% dan tingkat akurasi dalam pemberian saran kata sebesar 76%. Hasil pengujian chatbot dengan perbaikan kata memperoleh hasil akurasi sebesar 96% dan sistem chatbot tanpa menggunakan fitur perbaikan kata memperoleh hasil akurasi sebesar 36%. Fitur perbaikan kata meningkatkan akurasi chatbot dalam memberikan respon sebesar 60%.

Published
2020-11-13
How to Cite
PUTRA PINAJENG, I Kadek Trio; SUKARSA, I Made; PUTRA, I Made Suwija. Perbaikan Kata pada Sistem Chatbot dengan Metode Jaro Winkler. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 86-95, nov. 2020. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/66062>. Date accessed: 17 june 2021.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.