Reengineering Proses Bisnis ERP ( Enterprise Resource Planning) sistem Informasi Studi Kasus: The Sawah Villa

  • Made Gede Gumiar Putra Redana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Bali adalah salah satu pulau di Indonesia yang sangat terkenal dengan pariwisatanya. ada begitu banyak penginapan seperti villa, bahkan hotel yang sangat cepat pertumbuhannya di Bali. Pemodelan dalam penerapan sistem informasi terintegrasi dalam proses bisnis perlu dilakukan untuk peningkatan kinerja dan kepuasan pelanggan. Penelitian yang dilakukan adalah tentang pemodelan ERP (Enterprise Resourch Planning) pada The Sawah Villa, Ubud Gianyar yaitu dengan membangun dan mengembangkan pada bagian Modul Sales, Accounting,, Purchase, Warehouse dan CRM.  Penelitian ini menggunakan Metode Bussines Procees Reengineering dan Bussines Procees Management dengan melakukan perancangan ulang pada proses bisnis yang lama dengan mengubah ke proses bisnis yang baru sesuai dengan kebutuhanya yang di implementasikan menggunakan Sofware OdooV13. Hasil yang di peroleh Membuat suatu sistem informasi data yang saling terintergrasi dengan setiap modul yang membuat proses bisnis menjadi lebih terencana, terukur efisien dan lebih sistematis agar mempermudah kinerja pada di setiap bidang yang ada.


Kata kunci: Sistem Informasi, Intergrasi Data, Implementasi Odoo.V13

Published
2020-08-30
How to Cite
REDANA, Made Gede Gumiar Putra; SASMITA, Gusti Made Arya; MANDENNI, Ni Made Ika Marini. Reengineering Proses Bisnis ERP ( Enterprise Resource Planning) sistem Informasi Studi Kasus: The Sawah Villa. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 34-46, aug. 2020. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/63456>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.