Implementation of Data Mining Using Apriori Algorithm to Determine Inventory of Goods
Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menentukan Persediaan Barang
Abstract
Pengusaha yang bergerak di bidang perbelanjaan memiliki prospek yang menjanjikan karena dapat melayani masyarakat kelas bawah dan menengah atas serta memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membeli barang sehari-hari tanpa harus pergi ke supermarket atau pasar swalayan. Namun apabila ketersediaan barang atau bahan yang diperlukan tidak terjamin secara optimal, maka dapat terjadi kekurangan barang atau bahan yang diperlukan. Hal ini juga terjadi di beberapa toko, di mana pelanggan sering kali kehabisan stok berbagai produk dan perlengkapan yang mereka cari, namun hal ini disebabkan oleh kurangnya kebiasaan manajemen inventaris di toko tersebut. Dalam hal ini, tentang mencari tahu produk dan kebutuhan apa yang dibutuhkan pelanggan toko. Dataset ini menggunakan beberapa variabel seperti tanggal transaksi, nama produk, dan jumlah penjualan atau pembelian dengan menerapkan algoritma apriori. Algoritma apriori adalah jenis aturan asosiasi dalam data mining yang digunakan untuk menganalisis dan menemukan pola korelasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel 100 data transaksi penjualan. Aturan asosiasi final yang diperoleh dari data transaksi tersebut adalah “Jika konsumen membeli Tepung maka akan membeli Minyak dan Telur” dengan persentase support sebesar 54% dan confidence sebesar 96%. Hasil ini memberikan data nama-nama produk terlaris, yang dapat di gunakan sebagai perkiraan persediaan untuk menghindari kursi kosong yang dapat mengakibatkan kekecewaan pelanggan.
References
[2] Y. Ardilla et al., DATA MINING DAN APLIKASINYA. Penerbit Widina, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=53FXEAAAQBAJ
[3] S. K. M. M. S. I. Ir. T. Irfan Fajri et al., Data Mining. Serasi Media Teknologi, 2024. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=YykdEQAAQBAJ
[4] Z. MUSIAFA, Algoritma Apriori Penentuan Pola Penjualan: Studi Kasus Toko Akhtar Galaxy. ZAYID MUSIAFA, 2021. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=3CFQEAAAQBAJ
[5] R. F. Putra et al., DATA MINING : Algoritma dan Penerapannya. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=zLHGEAAAQBAJ
[6] M. S. Iskandar and Z. Fatah, “Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Implementasi Metode Algoritma K-Means Clustering Untuk Menentukan Penerima Program Indonesia Pintar ( PIP ),” vol. 2, no. November, pp. 1–8, 2024.
[7] Muhammad Alwi, Ninis Anggraini, and Rodia, “Analisis Data Mining Pada Pemilihan Jenis Game Terpopuler Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Teknoif Tek. Inform. Inst. Teknol. Padang, vol. 11, no. 1, pp. 9–15, 2023, doi: 10.21063/jtif.2023.v11.1.9-15.
[8] P. M. S. Tarigan, J. T. Hardinata, H. Qurniawan, M. Safii, and R. Winanjaya, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dalam Menentukan Persediaan Barang,” J. Janitra Inform. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 9–19, 2022, doi: 10.25008/janitra.v2i1.142.
[9] Z. Fatah and P. Diagnosis, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Diagnosis Demam Berdarah Dengan Algoritma Decision Tree,” vol. 3, no. May, pp. 63–71, 2025.