Rancang Bangun Sistem Smart Gate Pada Parkir Sepeda Motor Menggunakan Sensor Ultrasonik dan MQTT Berbasis Internet of Things

  • Kadek Deksy Dextiro Information Technology Department, Udayana University
  • I Made Agus Dwi Suarjaya
  • Kadek Suar Wibawa

Abstract

Tempat parkir dan sistem pengaturannya sangat penting dalam penyediaan layanan di fasilitas umum. Sistem parkir yang efisien meningkatkan kenyamanan penggunaan fasilitas umum. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem smart gate pada parkir sepeda motor menggunakan sensor ultrasonik dan kamera guna meningkatkan keamanan, kenyamanan, dan kemudahan. Pendekatan yang digunakan adalah metode waterfall, yang detail dan terstruktur karena setiap tahap harus diselesaikan sepenuhnya sebelum melanjutkan ke tahap berikutnya. Alat yang digunakan meliputi ESP32, sensor ultrasonik HC-SR04, motor driver L298N, motor DC, ESP32-CAM, dan power supply 12V. Hasil penelitian ini adalah sistem smart gate yang mampu memonitor jumlah motor masuk, keluar, dan yang ada di area parkir, serta menangkap gambar pengendara motor yang keluar untuk meningkatkan keamanan, dengan hasil gambar disimpan di dashboard website.

Published
2024-07-11
How to Cite
DEXTIRO, Kadek Deksy; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; WIBAWA, Kadek Suar. Rancang Bangun Sistem Smart Gate Pada Parkir Sepeda Motor Menggunakan Sensor Ultrasonik dan MQTT Berbasis Internet of Things. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 2167-2176, july 2024. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/117883>. Date accessed: 27 sep. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.