RANCANG BANGUN CHATBOT YANG TERINTEGRASI DENGAN OMS (ORDER MANAGEMENT SYSTEM) (STUDI KASUS : PENYEWAAN KOSTUM TARI BULLEBALI)

  • Az'ma Joevanca Valliant Diputra Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Veda Andreyana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Perubahan pengolahan transaksi suatu usaha dari tradisional menjadi tersistem sangatlah penting, salah satunya pada usaha penyewaan kostum tari Bullebali. Penyewaan kostum tari Bullebali memiliki beberapa permasalahan dalam pengolahan transaksi, dari proses order yang masih harus menghubungi pemilik sampai dengan pencatatan yang masih menggunakan buku manual. Chatbot adalah perangkat lunak yang dibuat untuk melakukan komunikasi dengan mesin. Chatbot diharapkan dapat menggantikan peran pemilik dalam melayani pemesanan sehingga dapat melayani pelanggan lebih efisisen dan jumlah yang lebih banyak. Transaksi yang masuk melalui chatbot tersimpan kedalam sistem order management yang dimiliki oleh pemilik usaha sehingga memudahkan pemilik usaha dalam melakukan pencatatan dan pengelolaan orderan. Untuk mengetahui bagaimana pemilik usaha Bullebali menangangi transaksi dari pelanggan saat ini, penulis mengumpulkan data menggunakan metode wawancara kepada pemilik usaha penyewaan kostum tari Bullebali. Hasil dari penelitian adalah pembuatan chatbot yang terintegrasi dengan order management system.

References

[1] J. Surasma Surung, I. P. Agung Bayupati, and G. Agung Ayu Putri, “The Implementation
Of ERP In Supply Chain Management On Conventional Woven Fabric Business,”
International Journal of Information Engineering and Electronic Business, vol. 12, no. 3,
pp. 8–18, Jun. 2020, doi: 10.5815/ijieeb.2020.03.02.
[2] Ahmad Iswandi, “IMPLEMENTASI CHATBOT PADA ORDER MANAGEMENT SYSTEM
USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (STUDI KASUS HDKREASI),” Universitas Islam
Indonesia , 2018.
[3] D. Suryani and E. L. Amalia, “Aplikasi Chatbot Objek Wisata Jawa Timur Berbasis
AIML,” SMARTICS Journal, vol. 3, no. 2, pp. 47–54, Oct. 2017, doi:
10.21067/smartics.v3i2.1961.
[4] D. Gentia, I. M. Sukarsa, and K. S. Wibawa, “Rancang Bangun Chatbot Sebagai
Penghubung Komunikasi Antara Aplikasi Line Messenger Dengan Telegram
Messenger,” Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi),
p. 156, Dec. 2020, doi: 10.24843/JIM.2020.v08.i03.p01.
[5] Sambas and Ipan Ripai, “IMPLEMENTASI DAN USER ACCEPTANCE TEST (UAT)
APLIKASI INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS Lite) DI MTs NEGERI 7
KUNINGAN,” ICT Learning, vol. 7, no. 1, May 2022, doi: 10.33222/ictlearning.v6i1.2306.
[6] Wulandari Wulandari, Nofiyani Nofiyani, and Humisar Hasugian, “User Acceptance
Testing (Uat) Pada Electronic Data Preprocessing Guna Mengetahui Kualitas Sistem,”
JMIK (JURNAL MAHASISWA ILMU KOMPUTER), vol. 4, no. 1, pp. 20–27, Mar. 2023
Published
2024-07-09
How to Cite
VALLIANT DIPUTRA, Az'ma Joevanca; SASMITA, Gusti Made Arya; ANDREYANA, Putu Veda. RANCANG BANGUN CHATBOT YANG TERINTEGRASI DENGAN OMS (ORDER MANAGEMENT SYSTEM) (STUDI KASUS : PENYEWAAN KOSTUM TARI BULLEBALI). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 2146-2155, july 2024. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/117879>. Date accessed: 27 sep. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.