Rancang Bangun Sistem Sensor Suhu Wireless dengan Sensor DHT11 dan MQTT Berbasis Internet of Things

  • I Putu Dede Raditya Aditama Universitas Udayana
  • I Made Agus Dwi Suarjaya
  • Kadek Suar Wibawa

Abstract

Kegiatan berkemah telah menjadi bagian penting dari rekreasi sejak awal abad ke-20, memungkinkan keluarga dan teman-teman untuk menghabiskan waktu bersama sambil menikmati alam. Pariwisata glamping dan camping di Bali semakin berkembang, dengan berbagai tujuan menarik yang dipasarkan secara online. Recreational vehicle (RV) juga menjadi alternatif populer untuk menggabungkan transportasi dan tempat tinggal sementara dalam perjalanan rekreasi. Namun, untuk meningkatkan kenyamanan dan mengantisipasi kondisi tidak diharapkan saat berkemah, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat monitoring suhu wireless berbasis Internet of Things dengan menggunakan mikrokontroller ESP32, sensor DHT11 dan DHT 22, LCD TFT 240x240, dan baterai 18650 dan 16430, selain itu alat juga dilengkapi dengan sistem dashboard untuk monitoring jarak jauh sehingga dapat mengurangi kejadian yang tidak di inginkan seperti perubahan suhu drastis yang mungkin terjadi.

Published
2024-07-10
How to Cite
ADITAMA, I Putu Dede Raditya; SUARJAYA, I Made Agus Dwi; WIBAWA, Kadek Suar. Rancang Bangun Sistem Sensor Suhu Wireless dengan Sensor DHT11 dan MQTT Berbasis Internet of Things. JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 2156-2166, july 2024. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/117878>. Date accessed: 27 sep. 2024.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.