Perancangan dan Implementasi E-Commerce pada Toko Pertanian Menggunakan WooCommerce (Studi Kasus : Toko Tani Subak Basangbe)

  • Ni Kadek Chita Dwi Chayani Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Agung Ayu Putri Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agus Eka Pratama Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Toko Pertanian Subak Basangbe merupakan sebuah toko yang terletak di Kabupaten Tabanan. Toko subak tani menjual berbagai kebutuhan pertanian seperti benih atau bibit, obat, dan pupuk pertanian. Permasalahan yang dihadapi toko subak tani ini yaitu penjualan yang masih dilakukan secara konvensional yaitu dengan pelanggan datang langsung ke toko serta pemasaran produk yang masih belum diketahui oleh masyarakat luas. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh toko subak tani dengan merancang dan mengimplementasikan e-commerce. Hasil dari pengujian ini yaitu berupa e-commerce untuk membantu toko pertanian dalam memasarkan produk dan mempermudah proses penjualan karena dalam e-commerce dapat secara langsung melakukan transaksi. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode user acceptance test (UAT) dan didapatkan presentase hasil sebesar 85% yang berarti pengguna atau pengelola toko sangat setuju terhadap penerimaan penerapan e-commerce toko subak tani dengan menggunakan WooCommerce.

Published
2023-07-16
How to Cite
DWI CHAYANI, Ni Kadek Chita; PUTRI, Gusti Agung Ayu; PRATAMA, I Putu Agus Eka. Perancangan dan Implementasi E-Commerce pada Toko Pertanian Menggunakan WooCommerce (Studi Kasus : Toko Tani Subak Basangbe). JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 1801-1810, july 2023. ISSN 2747-1233. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jitter/article/view/104472>. Date accessed: 08 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p13.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.