ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN OJEK ONLINE DI KAWASAN WISATA KUTA

  • ida bagus wirahaji Universitas Hindu Indonesia

Abstract

Tranportasi berbasis aplikasi sangat diminati oleh masyarakat dan ini merupakan suatu bentuk perubahan sosial masyarakat yang menghendaki kemudahan dalam penggunaan moda transportasi. Beberapa kelebihan sistem transportasi online, sehingga banyak pengguna beralih dari transportasi konvensional ke transportasi online. Ojek online merupakan salah satu jenis transportasi online yang sangat populer. Penelitian ini mengambil lokasi di Kecamatan Kuta, Badung. Tujuan penelitian ini untuk adalah menganalisis pengaruh aspek pengemudi, aspek kendaraan, aspek waktu, aspek biaya, dan aspek aplikasi terhadap aspek kepuasan pengguna. Metode pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 250 responden di Kecamatan Kuta yang menjadi pengguna ojek online. Kuesioner berisi sejumlah pernyataan yang meminta persepsi responden dengan menggunakan skala Likert. Hasil analisis menunjukkan responden didominasi oleh laki-laki, usia 31-60 tahun, tingkat pendidikan SMA, dan pekerjaan karyawan swasta. Aspek Pengemudi, Aspek Waktu, dan Aspek Aplikasi berpengaruh signifikan terhahadap Aspek Kepuasan Pengguna. Aspek Pengemudi diukur dengan indikator Ramah dan Sopan, dan Menguasai Medan/rute. Aspek Waktu diukur dengan Waktu Tunggu dan Waktu Tempuh. Aspek Aplikasi diukur dengan indikator Mudah Dioperasikan dan Mudah Mencari Alamat Tujuan. Aspek Kepuasan Pengguna diukur dengan Memberi Rekomendasi dan Merasakan Efisensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A., Khuzaini. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Trans-portasi Online (Go-Jek) di Surabaya. Jurnal Imu dan Riset Manajemen, 6(9), 1-18.
Barrett, P. 2007. Structural equation modelling: Adjudging model fit. Persona-lity and Individual Differences. Person-ality and Individual Differences, 42(5), 815–824.
Brown, M. W., Cudeck, R. 1993. Alternative Ways of Assessing Model Fit. In: K. A. BOLLEN, J. S. L. (ed.) Testing Structural Equation Models. Newbury Park, CA: Sage.
Ferdinand, A. 2006. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Giesel, F., Cote 2000. Academy of Marketing Science Review. Defining Consumer Satisfaction Defining Consumer Satisfaction.
Hair, J., Black, W., Babin, B., Anderson, R. 2010. Multivariate data Analysis: A global perspective New Jersey, Pearson Educa-tion, Inc.
Hooper, D., Coughlan, J., Mullen, M. 2008. Structural Equation Modelling: Guidlines for Determining Model Fit. Electronic Journal of Business Research Methods, 6(1), 53-60.
Hu, L., Bentler, P. 1999. Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: Conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modeling. 6(1). Available: https://doi.org/10.1080 /10705519909540118 [Accessed Septem-ber 10, 2022].
Loan, N., Hung, N. 2018. Factors affecting satisfaction and reuse intention of customers using online motorbike service Ho Chi Minh City Open University Journal of Science, 8(3), 30-46.
Mangifera, L., Isa, M. Komitmen dan Kinerja Driver Ojek Online di Kota Surakarta. Seminar Nasional Riset Manajemen & Bisnis, 2017 Surakarta. Prodi Manajemen Universitas Muhamma-diyah Surakarta.
Mariska, T. 2016. Delapan Jenis Akomodasi yang Biasanya Digunakan Ketika Liburan. Retrieved: Septermber, 15, 2022, from: https://www.pegipegi.com/ travel/8-jenis-akomodasi.
Menteri Perhubungan. 2016. Peraturan Menteri Perhubungan RI No. PM 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum tidak Dalam Trayek.
Sanny, L., Larasathy, K., Claudia, R., Widarman, B. 2019. The Customer Satisfaction of Online Transportation in Indonesia. 1st International Conference on Advance and Scientific Innovation (ICASI). IOP.
Shevlin, M., Miles, J. N. V. 1998. Effects of sample size, model specification and factor loadings on the GFI in confirmatory factor analysis. Personality and Individual Differences. Personality and Individual Differences, 25(1), 85–90.
Tunjungsari, K., Parwati, K., Semara, I. 2017. Persepsi masyarakat kuta terhadap Dampak pembangunan hotel berkonsep city hotel Di sunset road kuta bali Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, 1(2), 151-164.
Weston, R., Gore, P. A. 2006. A Brief Guide to Structural Equation Modeling. The Counseling Psychologist. SAGE Journals, 34(5).
Published
2023-04-28
How to Cite
WIRAHAJI, ida bagus. ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT PENGGUNA LAYANAN OJEK ONLINE DI KAWASAN WISATA KUTA. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], v. 27, n. 1, p. 116-123, apr. 2023. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/92354>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2023.v27.i01.p13.