PENERAPAN DINDING BATU BATA DENGAN RANGKA BETON BERTULANG BAMBU PADA REDESAIN RUMAH TRADISIONAL BALI AGE DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI TOTAL DI DESA PENGOTAN

  • I Nyoman Sutarja Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Abstrak : Sebagian masyarakat Desa Pengotan Kabupaten Bangli yang tinggal di kawasan atau pinggiran hutan dan pertanian lahan kering belum memiliki perumahan dan lingkungan permukiman yang sehat dan layak. Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2008 mengumumkan ada 134.804 rumah tangga miskin (RTM) di Bali, termasuk yang ada di Kabupaten Bangli. Desa Pengotan adalah salah satu dari sembilan desa di Kecamatan Bangli yang proporsi RTM terbanyak, yaitu 517 KK dari 956 KK di desa ini adalah RTM.  Salah satu variabel yang menyebabkan RTM tersebut adalah rendahnya kualitas rumah tradisional Bali Age yang dihuni, seperti :  bahan lantai bangunan tempat tinggal masih dari tanah, bahan dinding dari bambu berkualitas rendah, sehingga diperlukan adanya perbaikan rumah tersebut sehingga menjadi layak huni, yaitu bangunan yang memenuhi standar: keselamatan, kenyamanan, kesehatan serta kemudahan bagi penghuninya sebagaimana diatur dalam Undang-undang Bangunan Gedung Nomor 28/2002. Perbaikan rumah tradisional Bali Age dengan pendekatan ergonomi total yaitu pendekatan yang Sistemic, Holistic, Interdisiplinary dan Partisipatory serta kajian 6 kriteria Teknologi Tepat Guna. Beberapa aspek rumah tradidisional Bali Age yang diperbaiki seperti : aspek fisik rumah, yang meliputi redesain sistem struktur dengan penambahan dinding batu bata dengan rangka beton bertulang bambu, penambahan jendela untuk pencahayaan alami, penggantian penutup atap dan perbaikan penutup lantai. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Perbaikan rumah tradisional Bali Age dengan pendekatan ergonomi total di Desa Pengotan : a) dapat meningkatkan keamanan fisik bangunan, b) dapat meningkatkan kenyamanan, dan c) dapat meningkatkan kepuasan penghuni terhadap rumah huniannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-05
How to Cite
SUTARJA, I Nyoman. PENERAPAN DINDING BATU BATA DENGAN RANGKA BETON BERTULANG BAMBU PADA REDESAIN RUMAH TRADISIONAL BALI AGE DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI TOTAL DI DESA PENGOTAN. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], jan. 2013. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/7549>. Date accessed: 27 apr. 2024.

Keywords

dinding batu bata, beton bertulang bambu, perbaikan, rumah tradisional, ergonomi total