DAMPAK PERGANTIAN LAPISAN PERMUKAAN JALAN TERHADAP BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus: Jalan Gajah Mada Denpasar-Bali)

  • I Wayan Suweda Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar
  • Kadek Arisena Wikarma Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Abstrak: Pergantian permukaan perkerasan pada ruas Jalan Gajah Mada dari perkerasan lentur menjadi perkerasan paving tentunya akan menimbulkan berbagai dampak positif maupun dampak negatif. Salah satunya adalah dampak terhadap biaya pemeliharaan kedepan, yang selanjutnya akan dibandingkan dengan perkerasan lentur dengan periode Umur Rencana (UR) pemeliharaan yang sama yaitu 8 tahun. Dengan asumsi beban volume lalu-lintas yang sama, diperoleh bahwa biaya pemeliharaan perkerasan paving sebesar Rp.1.496.656.000,00. Biaya pemeliharaan ini 40,4% lebih mahal dibandingkan biaya pemeliharaan perkerasan lentur yang hanya sebesar Rp. 1.065.754.816,00.
Untuk itu perlu lebih ditingkatkan kualitas paving dan pengawasan selama pelaksanaannya, sehingga umur rencana menjadi lebih panjang dan biaya
pemeliharaan yang lebih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-05
How to Cite
SUWEDA, I Wayan; WIKARMA, Kadek Arisena. DAMPAK PERGANTIAN LAPISAN PERMUKAAN JALAN TERHADAP BIAYA PEMELIHARAAN (Studi Kasus: Jalan Gajah Mada Denpasar-Bali). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], jan. 2013. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/7523>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Keywords

Ruas Jalan Gajah Mada, Perkerasan Lentur, Perkerasan Paving