STUDI PARAMETRIK BETON CAMPURAN REMAH KARET DAN FABA (FLY ASH BOTTOM ASH) UNTUK PERKERASAN KAKU

  • Monita Olivia Universitas Riau
  • Muhammad Rizky Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Riau
  • Gunawan Wibisono Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Riau

Abstract

Penumpukan ban bekas di alam terus mengalami peningkatan karena pemanfaatan ban bekas yang masih sedikit sehingga potensi terjadinya pencemaran lingkungan sangat tinggi karena ban bekas tidak dapat terurai secara alami. Salah satu limbah industri hasil pembakaran batu bara yang termasuk berbahaya bagi lingkungan adalah abu terbang abu dasar atau fly ash bottom ash (FABA) pada industri pembangkit listrik. Kedua limbah tersebut dapat digunakan untuk memperbaiki kinerja perkerasan kaku (rigid pavement) untuk jalan sehingga memiliki kekakuan dan durabilitas tinggi. Pada penelitian ini diteliti parameter yang berpengaruh terhadap kuat lentur optimum pada perkerasan kaku menggunakan campuran remah karet dan FABA sesuai spesifikasi pekerjaan jalan dan jembatan tahun 2018. Beberapa campuran beton dikaji dalam penelitian ini memiliki variasi fas atau faktor air semen (0,30; 0,32; 0,34), remah karet (0%, 5%, 10%), FABA (0%, 5%, 10%) dan perlakuan terhadap karet (disaring, tidak disaring dan serat). Campuran beton kontrol adalah campuran dengan menggunakan semen PCC. Persentase remah karet adalah berdasarkan berat agregat halus, dan persentase FABA sesuai dengan berat semen. Hasil pengujian pada umur 28 hari menunjukkan bahwa campuran dengan variasi faktor air semen = 0,30, remah karet = 5%, FABA = 10% menghasilkan kuat tekan dan kuat lentur optimum masing-masing 32.07 MPa dan 4.62 MPa. Kedua nilai tersebut telah memenuhi persyaratan dalam spesifikasi umum pekerjaan jalan dan jembatan. Berdasarkan studi parametrik dapat diperoleh campuran yang tepat antara remah karet dan FABA sehingga dapat meningkatkan sifat mekanik beton dan berpotensi sebagai bahan perkerasan kaku.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, H., Wibisono G., Qoryati M., Sitompul, I.R., dan Olivia, M. 2019. Mechanical Properties of Crumb Rubber-Rice Husk Ash Concrete as a Rigid Pavement Material. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 615, 012112.
ASTM C618. 2003. Standard Specification for Coal Fly Ash and Raw or Calcined Natural Pozzolan for Use in Concrete. ASTM International. West Conshohocken, PA, USA.
Badan Pusat Statistik. 2018. Perkembangan Jumlah Kendaraan Bermotor Menurut Jenis. Badan Pusat Statistik. Indonesia.
Bina Marga 2018. 2018. Spesifikasi Umum 2018 untuk Pekerjaan Jalan dan Jembatan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Jakarta.
Bisht, K., dan Ramana, P.V. 2017. Evaluation of Mechanical and Durability Properties of Crumb Rubber Concrete. Construction and Building Materials 155, p. 811–817.
Mohammed, B.S. 2010. Structural Behavior and m–k Value of Composite Slab Utilizing Concrete Containing Crumb Rubber. Construction and Building Materials 24, 7. p 1214-1221.
Thomas, B.S., Gupta, R.C., Kalla, P., dan Cseteneyi, L. 2014. Strength, Abrasion and Permeation Characteristics of Cement Concrete Containing Discarded Rubber Fine Aggregates. Construction and Building Materials 59, p. 204–212.
Liu F., Zheng, W., Li, L., Feng, W., dan Ning, G. 2013. Mechanical and Fatigue Performance of Rubber Concrete. Construction and Building Materials 47, p. 711–719.
Hardjito, D. 2001. Abu Terbang Solusi Pencemaran Semen. Sinar Harapan No 3950. Jakarta.
Kardos, A.J., dan Durham, S.A. 2015. Strength, Durability, and Environmental Properties of Concrete Utilizing Recycled Tire Particles for Pavement Applications. Construction and Building Materials 98, p. 832–845.
Li, L., Ruan, S., dan Zeng, L. 2014. Mechanical Properties and Constitutive Equations of Concrete Containing a Low Volume of Tire Rubber Particles, Construction and Building Materials 70, p. 291–308.
Mardiono. 2011. Pengaruh Pemanfaatan Abu Terbang (Abu terbang) dalam Beton Mutu Tinggi. Skripsi Sarjana Teknik Sipil. Universitas Gunadarma Jakarta.
Piasta, W., dan Zarzycki, B. 2017. The Effect of Cement Paste Volume and w/c Ratio on Shrinkage Strain, Water Absorption and Compressive Strength of High Performance Concrete. Construction and Building Materials 140, p. 395–402.
Saha, A.K. 2017. Effect of Class F Fly Ash on the Durability Properties of Concrete. Sustainable Environment Research 28, p. 25-31.
Salain, I.M.A.K. 2009. Pengaruh Jenis Semen dan Jenis Agregat Kasar terhadap Kuat Tekan Beton. Teknologi dan Kejuruan 32, p. 63-70.
Sgobba, S., Borsa, M., Molfetta, M., dan Marano, G.C. 2015. Mechanical Performance and Medium Term Degradation of Rubberised Concrete. Construction and Building Materials 98, p. 820–831.
Shaikh, F.U.A., dan Supit S.W.M. 2015. Compressive Strength and Durability Properties of High Volume Fly Ash (HVFA) Concretes Containing Ultrafine Fly Ash (UFFA). Construction and Building Materials 82, p. 192–205.
SNI Pd T-14-2003. 2003. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen. Badan Standarisasi Indonesia. Bandung.
SNI 1974:2011. 2011. Cara Uji Kuat Tekan Beton dengan Benda Uji Silinder. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.
SNI 4431:2011. 2011. Cara Uji Kuat Lentur Beton Normal dengan Dua Titik Pembebanan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.
Published
2021-04-01
How to Cite
OLIVIA, Monita; RIZKY, Muhammad; WIBISONO, Gunawan. STUDI PARAMETRIK BETON CAMPURAN REMAH KARET DAN FABA (FLY ASH BOTTOM ASH) UNTUK PERKERASAN KAKU. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], p. 134-141, apr. 2021. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/60717>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2020.v24.i02.p06.