METODE UJI KETELITIAN UNJUK KERJA ALAT UKUR DENGAN PENERAPAN PERSAMAAN DISTRIBUSI NORMAL (CONTOH KASUS LASER DOPPLER ANEMOMETER)

  • Agatha Padma Laksitaningtyas Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
  • Djoko Legono Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada
  • Bambang Yulistiyanto Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada

Abstract

Statistika dan probabilitas merupakan salah satu cara yang digunakan dalam proses sinyal secara digital. Proses sinyal secara digital berfungsi untuk mengukur, mengelompokkan dan memproses menjadi komponen data yang menyinggung suatu obyek. Menentukan rasio daya sinyal ke “noise” pada penerimaan sistem input dan output sangat penting untuk memperkirakan kualitas dan kapasitas penerimaan sinyal dari suatu alat Laser Doppler Anemometer (LDA). LDA merupakan salah satu contoh peralatan ukur yang berfungsi untuk mengukur kecepatan yang akan mengeluarkan frekuensi sehingga menghasilkan sinyal. Masalah mendasar dalam pengukuran sinyal adalah bagaimana membedakan sinyal mendasar yang sebenarnya dari “noise”. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji ketelitian unjuk kerja alat ukur untuk menentukan “noise” dari sinyal yang dikeluarkan oleh LDA. Analisis yang digunakan dengan menggunakan metode persamaan distribusi normal yang akan menghasilkan suatu nilai batas untuk sinyal dan noise. Pengujian dilakukan pada dua buah saluran terbuka di laboratorium berbentuk U dan S. Pada Saluran U terdapat empat titik pengujian, sedangkan untuk saluran S terdapat 8 titik pengujian. Untuk masing-masing titik dilakukan tiga kali pengujian. Uji akurasi dari pembacaan sinyal LDA menunjukkan bahwa frekuensi pembacaan sinyal pada saluran U yaitu 92,47% dengan nilai “noise” bernilai 7,53%.  Uji akurasi dari pembacaan sinyal LDA menunjukkan bahwa frekuensi pembacaan sinyal pada saluran S yaitu 93,74% dengan nilai “noise” bernilai 6,26%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-31
How to Cite
LAKSITANINGTYAS, Agatha Padma; LEGONO, Djoko; YULISTIYANTO, Bambang. METODE UJI KETELITIAN UNJUK KERJA ALAT UKUR DENGAN PENERAPAN PERSAMAAN DISTRIBUSI NORMAL (CONTOH KASUS LASER DOPPLER ANEMOMETER). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], p. 80-89, jan. 2020. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/58694>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2020.v24.i01.p10.