ANALISIS POLA PERGERAKAN DI KOTA DENPASAR

  • Putu Alit Suthanaya Program Studi Teknik Sipil Universitas Udayana
  • Candra Maulidawati Program Studi Teknik Sipil Universitas Udayana

Abstract

Kota Denpasar kian berkembang dari kota kecil, kota besar dan bersama kabupaten disekitarnya membentuk Kota Metropolitan. Untuk mengantisipasi kebutuhan infrastruktur transportasi di masa mendatang, maka diperlukan untuk mengkaji pola pergerakannya. Pada penelitian ini dibuat dua pemodelan transportasi yaitu distribusi perjalanan (trip distribution) dan pemilihan rute (trip assignment). Tujuan dari penelitian ini adalah memprediksi distribusi perjalanan dan pembebanan lalu lintas pada jaringan jalan di Kota Denpasar di masa mendatang. Dalam penelitian ini dimodelkan dengan bantuan software Visum versi 15. Adapun metode yang digunakan untuk analisis distribusi perjalanan (trip distribution) dengan metode doubly constrained dan analisis pemilihan rute (trip assignment) dengan metode equilibrium assignment. Total distribusi perjalanan di Kota Denpasar di masa yang akan datang diprediksi sebesar pada tahun tahun 2033 sebesar 28.873.490 orang/hari (308.845.109 orang-km). Dari hasil prediksi distribusi perjalanan didapatkan hasil prediksi pembebanan lalu lintas tertinggi terdapat pada Jl. By Pass Ngurah Rai. Diperlukan untuk membangun jalan baru atau mengatasi masalah lalu lintas dengan skema demand management yaitu memberikan prioritas pada angkutan umum dan membatasi kepemilikan dan penggunaan kendaraan bermotor pribadi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-31
How to Cite
SUTHANAYA, Putu Alit; MAULIDAWATI, Candra. ANALISIS POLA PERGERAKAN DI KOTA DENPASAR. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], p. 1-8, july 2019. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/53262>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2019.v23.i02.p01.

Most read articles by the same author(s)