PENGARUH ABU AMPAS TEBU SEBAGAI POZZOLAN PADA CAMPURAN BETON NORMAL DAN BETON UHPC TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BETON

  • Harianto Hardjasaputra Jurusan Teknik Sipil,Universitas Pelita Harapan
  • Marcia Devana Jurusan Teknik Sipil,Universitas Pelita Harapan
  • Rachmansyah . Jurusan Teknik Sipil,Universitas Kristen Krida Wacana

Abstract

Penambahan bahan pozzolan dalam campuran beton dilakukan terutama untuk meningkatkan kekuatan beton. Silica yang berbentuk sebagai SiO2 pada pozzolan bersifat reaktif terhadap Ca(OH)2 yang akan menghasilkan CSH (Calcium Silicates Hydrates) baru, yang akan meningkatkan kekuatan beton. Bahan pozzoland yang sudah dikenal di industry beton antara lain adalah silica fume dan fly ash. Dalam penelitian ini, sebagai sumber SiO2 digunakan bahan dasar ampas tebu yang dibakar dalam tungku pembakaran dengan suhu maksimum 600 °C. Hasil pembakaran ampas tebu ini digiling untuk mendapatkan kehalusan yang tinggi, sehingga diperoleh Abu Ampas Tebu (AAT). Dari hasil SEM kehalusan dari AAT ini mempunyai ukuran > 50 µm dan hasil XRF menunjukkan bahwa kandungan SiO2 adalah lebih dari 53%. Pengaruh penambahan dari AAT terhadap mutu beton dilakukan pada dua jenis beton yaitu beton normal dan Ultra High Performance Concrete (UHPC). Kuat tekan beton normal yang direncanakan adalah 40 MPa, sedangkan untuk kuat tekan beton UHPC direncanakan adalah 100 MPa. Pada campuaran beton ini ditambahkan superplasticizer (SP). Kadar abu ampas tebu yang ditambahkan pada campuran beton normal adalah 0%, 5%, 10% dan 15% dari berat semen, sedangkan untuk beton UHPC adalah 0%, 5%, 10% dan 15% dari berat silika fume. Dari hasil pengujian, penambahan AAT dapat meningkatkan kekuatan sampai 33 % pada beton normal, sedangkan untuk UHPC diperoleh peningkatan sebesar 17 %. Uji kuat lentur pada UHPC menunjukkan peningkatan kekuatan kuat lentur yang tinggi yaitu mencapai sebesar 63,32% untuk penambahan AAT sebesar 10 % dari berat silika.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-27
How to Cite
HARDJASAPUTRA, Harianto; DEVANA, Marcia; ., Rachmansyah. PENGARUH ABU AMPAS TEBU SEBAGAI POZZOLAN PADA CAMPURAN BETON NORMAL DAN BETON UHPC TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT LENTUR BETON. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], p. 151-156, aug. 2018. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/41772>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2018.v22.i02.p09.