ANALISIS VARIASI SISTEM PEMBAYARAN PROGRESS PAYMENT TERHADAP KEUNTUNGAN KONTRAKTOR PADA PROYEK PEMBANGUNAN PURA JAGAT TIRTA BANDARA I GST NGURAH RAI BADUNG - BALI

  • Anak Agung Wiranata Program Studi Teknik Sipil, Fakutas Teknik, Universitas Udayana
  • Ida Bagus Rai Adnyana Program Studi Teknik Sipil, Fakutas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Putiyana Program Studi Teknik Sipil, Fakutas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Dalam suatu proyek konstruksi, setiap kontraktor selalu menargetkan keuntungan yang tinggi, namun terkadang tidak sesuai dengan yang diharapkan atau mengalami kerugian. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh besar uang muka dan modal terhadap keuntungan maksimum kontraktor pada sistem pembayaran progress payment 25%. Penelitian ini dilakukan pada Proyek Pembangunan Pura Jagat Tirta Bandara I Gst Ngurah Rai Badung - Bali. Pengolahan data dilakukan dengan cara membuat urutan dan uraian setiap kegiatan pada proyek untuk menentukan durasi waktu tenggang (float) menggunakan perangkat lunak Microsoft Project 2010 dengan metode Precedence Diagram Method/PDM sehingga didapatkan kondisi penjadwalan lebih awal atau EST (Earliest Start Time) dan pengerjaan proyek mundur dari penjadwalan awal atau LST (Latest Start Time) selanjutnya termin Progress 25% divariasikan dengan uang muka 0%, 10%, 15%, 20% dan modal 10% diperoleh dua belas alternatif variasi pembayaran. Dari analisis cash flow dapat diketahui pengaruh uang muka dan modal terhadap keuntungan kontraktor.  Pada sistem pembayaran progress payment 25% menunjukkan bahwa semakin besar uang muka atau modal (cash in) pada awal pelaksanaan proyek maka akan memberikan keutungan yang semakin besar pula pada kontraktor. Sebaliknya semakin kecil uang muka atau modal (cash in) pada awal pelaksanaan proyek maka akan memperkecil keuntungan kontraktor, dari penjadwalan proyek kondisi EST memberikan keutungan yang lebih besar kepada kontraktor dibandingkan kondisi penjadwalan LST.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-27
How to Cite
WIRANATA, Anak Agung; RAI ADNYANA, Ida Bagus; PUTIYANA, I Putu. ANALISIS VARIASI SISTEM PEMBAYARAN PROGRESS PAYMENT TERHADAP KEUNTUNGAN KONTRAKTOR PADA PROYEK PEMBANGUNAN PURA JAGAT TIRTA BANDARA I GST NGURAH RAI BADUNG - BALI. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], p. 114-122, aug. 2018. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/41768>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2018.v22.i02.p05.