KELAYAKAN FINANSIAL PEMASANGAN PARKIR METER UNTUK ON STREET PARKIR DI KOTA DENPASAR (STUDI KASUS: JALAN MALUKU)

  • Nyoman Widana Negara Program Studi Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali
  • I Made Agus Ariawan Program Studi Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali
  • Kadek Dwipa Nursanjaya Alumni, Program Studi Teknik Sipil, Universitas Udayana, Bali

Abstract

Pengelolaan parkir di Kota Denpasar dilaksanakan oleh PD. Parkir dengan sistem konvensional berupa karcis/tiket parkir sehingga menimbulkan banyak kebocoran di lapangan, sehingga target parkir tidak tercapai dan Pendapatan Asali Daerah (PAD) rendah. Perkembangan teknologi Parkir dan sistem pembayaran ton tunai sesuai SE No. 810/1866/SJ (Mendagri, 2017), maka Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perhubungan dan PD. Parkir akan menerapkan/atau memasang Parkir Meter Elektronik atau Terminal Parking Electronic (TPE) di ruas Jalan Maluku. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisis karakteristik parkir dan kelayakan finansial penerapan Parkir Meter. Data diperoleh dari survai langsung di lapangan dengan teknik manual meliputi data SRP parkir, jumlah kendaraan parkir dan waktu parkir serta data sekunder yang dapat diperoleh dari instansi terkait. Rancangan penelitian menerapkan 4 skenario: Skenario-1: Tarif nonprogresif sesuai retribusi PD Parkir, skenario-2: tarif progresif dengan tarif per jam untuk mobil Rp.2000 dan Rp.1000 untuk Sepeda Motor, Skenario-3; Tarif progresif incrementally 1 jam pertama tarif sebesar Rp. 4000 untuk mobil dan Rp.2000 untuk sepeda motor dan 1 jam berikut tarif per jam sebesar Rp. 2000 mobil dan Rp.1000 untuk sepeda motor dan Skenario-4; Tarif progresif dengan tarif per jam sebesar Rp.5000 untuk mobil dan Rp.2000 untuk sepeda motor. Analisis kelayakan finansial
digunakan syarat penilaian investasi yaitu NPV, BCR, IRR dan Discounted Pay Back Periode (PBP) dan analisis sensitivitas. Hasisl analisis karakteristik parkir Jalan Maluku masih cukup memadai dengan indikator indeks parkir sepeda motor sebesar 0,7 dan mobil sebesar 0,52, sedangkan analisis finansial menunjukkan ke-4 (empat) skenario layak dalam investasi TPE di Jalan Maluku dengan tingkat pengembalian modal (pay back period) cukup singkat, yaitu 2 tahun pada skenario-1 dan 1 tahun untuk skenario-2.


Kata kunci: On street parking, terminal parkir elektronik, kelayakan finansial

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-06-26
How to Cite
NEGARA, Nyoman Widana; ARIAWAN, I Made Agus; NURSANJAYA, Kadek Dwipa. KELAYAKAN FINANSIAL PEMASANGAN PARKIR METER UNTUK ON STREET PARKIR DI KOTA DENPASAR (STUDI KASUS: JALAN MALUKU). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], p. 1-6, june 2018. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/40286>. Date accessed: 15 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2018.v22.i01.p01.