KAJIAN PEMBERIAN INSENTIF DALAM PROYEK KONSTRUKSI DARI PERSEPSI PENGGUNA JASA DAN PENYEDIA JASA

  • Asri Sarli Karyasiswa Magister Manajemen Proyek Konstruksi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Katolik Parahyangan
  • Yohanes L. D. Adianto Dosen Program Magister Manajemen Proyek Konstruksi, Sekolah Pascasarjana, Universitas Katolik Parahyangan

Abstract

Salah satu ukuran kesuksesan proyek konstruksi dapat dilihat dari pencapaian target waktu penyelesaian proyek, time atau waktu adalah salah satu komponen yang menjadi target utama dalam sebuah proyek konstruksi. masalah waktu dapat menimbulkan kerugian bila terlambat dari yang direncanakan serta akan menguntungkan bila dapat dipercepat. Pemberian insentif adalah salah satu upaya untuk mencapai target waktu. Beberapa penelitian telah dilakukan di beberapa negara terkait pemberian insentif dalam proyek konstruksi, tulisan ini berupaya untuk mengetahui persepsi dari pengguna jasa dan penyedia jasa terkait perlunya pemberian insentif, milestone pemberian insentif, implementasi pemberian insentif, usaha kontraktor untuk mendapatkan insentif, dan dampak pemberian insentif dalam proyek konstruksi. Tulisan ini menggunakan metode literatur review yang secara deskriptif terkait kuisoner yang telah dilakukan oleh penelitian terdahulu. Dari hasil penelitian diperoleh adanya kesepakatan penyedia jasa dan pengguna jasa tentang perlunya pemberian insentif dalam proyek konstruksi, pentingnya pemilihan jenis kontrak yang digunakan, penentuan durasi proyek, definisi proyek selesai, besarnya jumlah insentif dan bagaimana insentif itu diberikan menjadi milestone dalam pemberian insentif, target utama para pihak dalam proyek konstrusi mempengaruhi implementasi pemberian insentif, usaha yang dilakukan kontraktor agar memperoleh insentif dengan perencanaan dan penjadwalan kegiatan proyek yang tepat, serta meningkatkan produktivitas kerja sementara dampak dari pemberian insentif penawaran menjadi lebih tinggi dan kualitas pekerjaan akan menurun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-02-24
How to Cite
SARLI, Asri; L. D. ADIANTO, Yohanes. KAJIAN PEMBERIAN INSENTIF DALAM PROYEK KONSTRUKSI DARI PERSEPSI PENGGUNA JASA DAN PENYEDIA JASA. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], feb. 2017. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/30393>. Date accessed: 04 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2017.v21.i01.p04.

Keywords

waktu penyelesaian proyek, pemberian insentif, pengguna jasa, penyedia jasa.