ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI GEDUNG BERDASARKAN INDEKS HARGA BAHAN DAN UPAH TENAGA KERJA (KABUPATEN BADUNG DAN KABUPATEN TABANAN)

  • Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari Alumni Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Denpasar
  • I Wayan Yansen Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Denpasar
  • Anak Agung Wiranata Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana Denpasar

Abstract

Proyek konstruksi erat kaitannya dengan perkiraan biaya. Dalam hal ini penyedia jasa atau konsultan akan membuat perkiraan biaya pendahuluan. Namun, karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh estimator dalam membuat anggaran biaya, estimator dapat menggunakan metode daftar indeks harga bahan dan upah tenaga kerja tanpa  harus mengeluarkan usaha, biaya, dan tenaga yang banyak  untuk melakukan survei harga.  Pada penelitian ini untuk mengetahui perkembangan harga bahan dan upah tenaga kerja digunakan metode indeks harga. Indeks harga dihitung dari tahun 2011 sampai 2016, kemudian dapat diestimasi harga di tahun 2017. Kemudian digunakan metode korelasi untuk mengetahui hubungan antara harga bahan dan upah tenaga kerja dengan biaya konstruksi. Dari hasil perhitungan indeks harga dan upah tenaga kerja kemudian digunakan untuk menyusun rencana anggaran biaya. Rata-rata indeks harga bahan dan upah tenaga kerja di Kabupaten Tabanan sebesar 1,373, nilai indeks ini lebih tinggi dari Kabupaten Badung yang sebesar 1,343. Berdasarkan indeks tempat dengan Kabupaten Badung sebagai kabupaten dasar (indeks 1,000) diperoleh nilai rata-rata indeks di Kabupaten Tabanan sebesar 1,233; ini artinya harga bahan dan upah di Kabupaten Tabanan lebih tinggi daripada Kabupaten Badung. Dari hasil perhitungan dengan metode korelasi diperoleh nilai korelasi untuk Kabupaten Badung sebesar 0,769 dan untuk Kabupaten Tabanan sebesar 0,767; ini artinya memiliki hubungan yang kuat antara harga bahan dan upah tenaga kerja dengan biaya konstruksi. Dari hasil perhitungan estimasi rencana anggaran biaya di Kabupaten Badung dan Tabanan terjadi kenaikan persentase rencana anggaran biaya setiap tahunnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2016-07-20
How to Cite
MIRAYANI PRADNYADARI, Ni Luh Made Ayu; YANSEN, I Wayan; WIRANATA, Anak Agung. ESTIMASI BIAYA KONSTRUKSI GEDUNG BERDASARKAN INDEKS HARGA BAHAN DAN UPAH TENAGA KERJA (KABUPATEN BADUNG DAN KABUPATEN TABANAN). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], july 2016. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/30387>. Date accessed: 03 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2016.v20.i02.p10.

Keywords

Estimasi biaya, indeks harga bahan dan upah, biaya konstruksi.