PEMILIHAN MODEL HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN, DAN KERAPATAN JALAN DALAM KOTA (Studi kasus: Jalan Ahmad Yani, Denpasar)

  • I Kadek Edy Wira Suryawan Alumni Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • I. N. Widana Negara Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana
  • A.A.N.A. Jaya Wikrama Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana

Abstract

Ada tiga karakteristik arus lalu lintas yaitu volume lalu lintas, kecepatan, dan kerapatan. Lokasi penelitian ini pada Jalan Ahmad Yani yang memiliki 2 lajur 2 arah tanpa median (2/2 UD). Data yang diambil dari lokasi penelitian adalah data volume kendaraan, kecepatan, data geometrik, dan data kecepatan yang digunakan adalah model Greenshield, Greenberg, dan Underwood. Validasi hubungan model lalu lintas adalah untuk mendapatkan volume maksimum atau kapasitas berdasarkan sebaran data, nilai koe sien korelasi (r) dan kesesuaian kapasitas untuk hubungan volume, kecepatan, dan kerapatan. Dengan menggunakan model Greenshield didapat nilai kapasitas yaitu 1555 smp/jam, menggunakan model Greenberg didapat nilai kapasitas yaitu 1858 smp/jam, dan menggunakan model Underwood didapat nilai kapasitas yaitu 1828 smp/jam. Berdasarkan MKJI didapatkan nilai kapasitas yaitu 2508 smp/jam, dan model Greenberg merupakan model yang paling mendekati nilai kapasitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2015-01-11
How to Cite
SURYAWAN, I Kadek Edy Wira; NEGARA, I. N. Widana; WIKRAMA, A.A.N.A. Jaya. PEMILIHAN MODEL HUBUNGAN ANTARA VOLUME, KECEPATAN, DAN KERAPATAN JALAN DALAM KOTA (Studi kasus: Jalan Ahmad Yani, Denpasar). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], jan. 2015. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/24156>. Date accessed: 05 may 2024.

Keywords

Greenberg, Greenshield, Underwood, Model