ANALISIS IDENTIFIKASI ASPEK DAN INDIKATOR DESA TANGGUH BENCANA DALAM PENANGGULANGAN RISIKO BENCANA DENGAN METODE HANLON DI DESA TANGKAS, KABUPATEN KLUNGKUNG

  • Ariany Frederika Frederika Universitas Udayana
  • Anak Agung Diah Parami Dewi Universitas Udayana
  • Made Adi Supariarta Universitas Udayana

Abstract

Kerentanan bencana Desa Tangkas terhadap banjir lahar dingin, banjir akibat musim hujan dan air laut diakibatkan oleh letaknya di KRB I Gunung Agung dan posisinya di dataran rendah. Dalam peningkatan kemandirian mitigasi bencana, penerapan Desa Tangguh Bencana berdasarkan Peraturan Kepala BNPB Nomor 1 Tahun 2012 perlu dipertimbangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis identifikasi aspek dan indikator dari Desa Tangguh Bencana di Desa Tangkas sebagai dasar pengembangan kebijakan mitigasi bencana. Dalam analisis tersebut, data diperoleh melalui kuesioner dan wawancara, masing-masing kepada perangkat desa, satuan keamanan, kader pemuda, dan BPBD Kabupaten Klungkung. Respon kuesioner dianalisis menggunakan Skala Guttman sedangkan hasil wawancara digunakan dalam analisis prioritas melalui Metode Hanlon. Hasil analisis menunjukkan bahwa Desa Tangkas tergolong sebagai Kelompok Desa Tangguh Bencana Pratama. Dari indikator-indikator yang belum terlaksana dengan baik, terdapat 5 indikator yang belum dimulai. Melalui Metode Hanlon, prioritas tertinggi ada pada Sistem Peringatan Dini Berbasis Masyarakat. Untuk dapat mengembangkan prioritas tersebut, pembentukan Kelompok Siaga Bencana dan Kelompok Peringatan Dini direkomendasikan. Implikasinya, pelaksanaan kegiatan yang optimal melalui kelompok ini dapat meningkatkan Desa Tangkas menjadi Kelompok Desa Tangguh Bencana Madya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-06
How to Cite
FREDERIKA, Ariany Frederika; DEWI, Anak Agung Diah Parami; SUPARIARTA, Made Adi. ANALISIS IDENTIFIKASI ASPEK DAN INDIKATOR DESA TANGGUH BENCANA DALAM PENANGGULANGAN RISIKO BENCANA DENGAN METODE HANLON DI DESA TANGKAS, KABUPATEN KLUNGKUNG. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, [S.l.], v. 27, n. 2, p. 257-266, nov. 2023. ISSN 2541-5484. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jits/article/view/107626>. Date accessed: 30 june 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JITS.2023.v27.i02.p14.