ANALISIS TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI ( Studi kasus : Jln. Diponogoro di Depan Mall Ramayana)

  • Sucipta Putra Alumni Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Denpasar
  • Gst Raka Purbanto Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Denpasar
  • Nym Widana Negara Dosen Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Udayana, Denpasar

Abstract

Abstrak :Peningkatan masalah transportasi di Denpasar diakibatkan oleh pertumbuhan populasi dan pertumbuhan di sector ekonomi.. Jalan Diponogoro merupakan jalan satu arah dan jalan akses menuju pusat kegiatan perekonomian, sehingga sering dipadati oleh kendaraan pada pagi, siang, sore, dan malam hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik dan tingkat pelayanan pejalan kaki dan tipe fasilitas penyeberangan pada Kawasan Jalan Diponogoro di Depan Mall Ramayana. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer dan pengumpulan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan survai di lapangan untuk mendapatkan arus pejalan kaki dan arus penyeberang jalan dengan bantuan handycam. Pengumpulan data sekunder didapatkan dari instansi terkait (DinasPerhubungan, Bappeda, dan BPS). Hasil análisis karakteristik dan tingkat pelayanan pejalan kaki menunjukkan bahwa pada hari kerja untuk trotoar barat arus pejalan kaki terbesar yaitu pada pengamatan sore sebesar 109 orang/m/jam. Untuk trotoar timur arus pejalan kaki terbesar yaitu pada pengamatan malam sebesar 42 orang/m/jam. Semua sisi trotoar pada hari kerja masing-masing jam puncak berada pada kategori tingkat pelayanan fasilitas pejalan kaki “A”. Hasil tingkat konflik antara pejalan kaki dan arus lalu lintas direkomendasikan tipe fasilitas penyeberangan, yaitu pelikan dengan pelindung pada Jalan Diponogoro dan letak fasilitas penyeberangan adalah pada bagian segmen tengah-tengah tepatnya di depan Mall Ramayana.

Abstract: Improved transportation problems in Denpasar caused by population growth and economic growth in the sector .. Diponogoro road is one-way streets and access roads leading to the center of economic activity, so it is often crowded with vehicles in the morning, noon, afternoon, and evening. The purpose of this study was to analyze the characteristics and service level and type of pedestrian crossing facilities in the Region in Front of Mall Road Diponogoro Ramayana. Data collection methods used are collecting primary data and secondary data collection. Primary data were collected by conducting surveys in the field to get a pedestrian flows and pedestrian flows with the help handycam. The collection of secondary data obtained from the relevant agencies (the Department of Transportation, Bappeda, and BPS). The results of analyzes of the characteristics and service level pedestrian shows that on weekdays for the west sidewalk of pedestrian flows is greatest at late observation of 109 persons / m / hr. To the east is the largest pedestrian flows at night observation for 42 people / m / hr. All of the sidewalks on each weekday peak hour levels of service in the category of pedestrian facilities "A". The results of the level of conflict between pedestrians and traffic flow crossing the recommended type of facilities, namely pelicans with protective Diponogoro road crossing facilities and the location is in the middle segment exactly in front of the Ramayana Mall.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
PUTRA, Sucipta; PURBANTO, Gst Raka; NEGARA, Nym Widana. ANALISIS TINGKAT PELAYANAN FASILITAS PEJALAN KAKI ( Studi kasus : Jln. Diponogoro di Depan Mall Ramayana). Jurnal Ilmiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil, [S.l.], v. 2, n. 2, june 2013. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jieits/article/view/5612>. Date accessed: 05 nov. 2024.

Keywords

Karakteristik, Tipe Tingkat pelayanan Fasilitas, dan Fasilitas Penyeberangan pada Jalan Diponogoro Denpasar, Characteristics, level of service facilities, and crossing facilities at Diponogoro Street Denpasar