ANALISIS KINERJA SIMPANG DAN PEMBEBANAN RUAS JALAN PADA PENGELOLAAN LALU LINTAS DENGAN SISTEM SATU ARAH (Studi kasus Jalan Tukad Pakerisan, - Jalan Tukad Yeh Aya, - Jalan Tukad Batanghari, - Jalan Tukad Barito)
Abstract
Abstrak : Dengan melihat pola jaringan Jalan Tukad Yeh Aya, Jalan Tukad Batanghari, Jalan Tukad Barito dan Jalan Tukad Pakerisan terdapat peluang penerapan sistem satu arah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pada persimpangan. penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kinerja simpang pada Jalan Tukad Musi - Jalan Tukad Batanghari - Jalan Tukad Yeh Aya dan untuk menganalisis kinerja Jalan Tukad Yeh Aya, Jalan Tukad Batanghari, Jalan Tukad Barito dan Jalan Tukad Pakerisan sebelum dan setelah pengelolaan lalu lintas sistem satu arah. Data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer terdiri dari volume lalu lintas, geometrik persimpangan, sinyal dan tata guna lahan. Data sekunder terdiri dari data jumlah penduduk untuk menentukan faktor penyesuaian ukuran kota. Dari hasil kinerja simpang eksisting Tk. Batanghari – Tk. Yeh Aya diperoleh jam puncak pagi menghasilkan tundaan 883,86 det/smp, jam puncak siang 1.206,36 det/smp, dan jam puncak sore 1295,00 det/smp, nilai tingkat pelayanan simpang semua jam puncak adalah F. Hasil analisis kinerja Jalan Tukad Yeh Aya – Jalan Tukad Batanghari – Jalan Tukad Barito dan Tukad Pakerisan sebelum pengelolaan lalu lintas sistem diperoleh: volume lalu lintas bervariasi antara 671,6 smp/jam – 2967,6 smp/jam, kapasitas antara 2110,74 smp/jam – 2280,57 smp/jam, derajat kejenuhan antara 0,32 – 1,41, dan tingkat pelayanan B – F. Hasil analisis kinerja Jalan Tukad Yeh Aya – Jalan Tukad Batanghari – Jalan Tukad Barito dan Tukad Pakerisan setelah pengelolaan lalu lintas sistem diperoleh: volume lalu lintas bervariasi antara 494,0 smp/jam – 1189,8 smp/jam, kapasitas antara 2539,92 smp/jam – 2760,78 smp/jam, derajat kejenuhan antara 0,19 – 0,47, tingkat pelayanan A – C.
Abstrack : By looking at the network pattern of Tukad Yeh Aya Road, Tukad Batanghari Road, Tukad Barito Road, and Tukad Pakerisan Road, there is a possibility for the application of the one-way traffic system to reduce traffic congestion at the intersections. Thus, based on this, a research was done aiming to evaluate the performance of the intersection at Tukad Musi Road- Tukad Batanghari Road- Tukad Yeh Aya Road and to analyze the performance of Tukad Yeh Aya Road, Tukad Batanghari Road, Tukad Barito Road, and Tukad Pakerisan Road before and after the application of the traffic management using the one-way traffic system. The data used include primary and secondary data. The primary data consist of traffic volume, intersection geometry, signals and land use, while the secondary data consist of the population data used to determine the adjustment factor for city size. From the results of the performance of the existing intersection Tk. Batanghari - Tk. Yeh Aya, the morning peak hour obtains delay of 883.86 sec/pcu, the afternoon peak hour - 1206.36 sec/pcu and the evening peak hour - 1295.00 sec/pcu, so that the value of the level of service of the intersection for all peak hours is F. The results of the analysis of the performance of Tukad Yeh Aya Road – Tukad Batanghari Road - Tukad Barito Road and Tukad Pakerisan Road before the traffic management using the one-way traffic system are: the traffic volume varies from 671.6 pcu/hour to 2967.6 pcu/hour, the capacity from 2110.74 pcu/hour to 2280.57 pcu/ hour, the degree of saturation from 0.32 to 1.41, and the level of service from B to F. The results of the analysis of the performance of Tukad Yeh Aya Road - Tukad Batanghari Road - Tukad Barito Road and Tukad Pakerisan Road after the traffic management using the one-way traffic system are: the traffic volume varies from 494.0 pcu/hour to 1189.8 pcu/hour, the capacity from 2539.92 pcu/hour to 2760.78 pcu/hour, the degree of saturation from 0.19 to 0.47, and the level of service from A to C.