PENGARUH TIME PRESSURE, RISIKO AUDIT, MATERIALITAS, DAN PROSEDUR REVIU TERHADAP KONSISTENSI PROSEDUR AUDIT PADA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PROVINSI BALI

  • Ni Nyoman Widiyanti Ni Luh Sari Widhiyani

Abstract

ABSTRAK

Tindakan penyimpangan audit dapat menyebabkan menurunnya kualitas audit dan kegagalan audit, juga dapat menimbulkan pembuatan opini audit yang salah. Konsistensi atas prosedur audit penting untuk diterapkan guna menghasilkan laporan audit yang berkualitas serta menghindari terjadinya risiko atas tindakan pengurangan kualitas audit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh  tekanan waktu (time pressure), risiko audit, materialitas, dan prosedur reviu terhadap konsistensi prosedur audit. Penelitian ini dilakukan di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) Perwakilan Provinsi Bali dengan menggunakan data primer. Respondennya adalah auditor yang bekerja pada BPK RI Perwakilan Provinsi Bali  dan tidak dibatasi oleh jenjang jabatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS. Hasil analisis menunjukkan bahwa time pressure, risiko audit, materialitas, dan prosedur reviu memiliki pengaruh yang berbeda terhadap konsistensi atas prosedur audit. Time pressure dan materialitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap konsistensi atas prosedur audit. Risiko audit dan prosedur reviu berpengaruh positif dan signifikan terhadap konsistensi atas prosedur audit.

Kata kunci: konsistensi, materialitas, prosedur reviu, risiko audit, time pressure

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-01-01
How to Cite
NI LUH SARI WIDHIYANI, Ni Nyoman Widiyanti. PENGARUH TIME PRESSURE, RISIKO AUDIT, MATERIALITAS, DAN PROSEDUR REVIU TERHADAP KONSISTENSI PROSEDUR AUDIT PADA BADAN PEMERIKSA KEUANGAN PROVINSI BALI. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, [S.l.], v. 8, n. 1, jan. 2013. ISSN 2303-1018. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/5206>. Date accessed: 25 oct. 2021.
Section
Articles