PENGARUH LOKASI USAHA PADA VOLUME PENJUALAN (Survei pada Restoran Kecil di Lingkungan Universitas Riau)

  • Relon Taufik Hidayat
  • Sri Zuliarni

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi usaha terhadap volume penjualan. Variabel bebas adalah lokasi usaha (terdiri dari akses, visibilitas, tempat parkir, lingkungan dan persaingan) dan volume penjualan sebagai variabel terikat. Penarikan sampel sebanyak 46 responden dengan menggunakan metode survey dan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model regresi sederhana. Setelah dilakukan uji korelasi dan uji koefisien determinasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang sangat penting dalam pemilihan lokasi usaha secara berurutan adalah akses, visibilitas, lingkungan dan tempat parkir. Sementara faktor yang dianggap penting bagi pemilik usaha adalah persaingan. Realisasi penjualan restoran kelas kecil di lingkungan kampus Universitas Riau Pekanbaru berdasarkan tingkat kedatangan rata-rata pelanggan, tingkat laba bersih perhari dan tingkat penjualan
perhari dinilai sudah sesuai harapan pemilik restoran kelas kecil. Variabel lokasi usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2014-07-10
How to Cite
HIDAYAT, Relon Taufik; ZULIARNI, Sri. PENGARUH LOKASI USAHA PADA VOLUME PENJUALAN (Survei pada Restoran Kecil di Lingkungan Universitas Riau). Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, [S.l.], v. 9, n. 2, july 2014. ISSN 2303-1018. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jiab/article/view/16536>. Date accessed: 19 oct. 2021.
Section
Articles

Keywords

Kata kunci: lokasi usaha, restoran kelas kecil, volume penjualan