Studi Numerik dan Eksperimental Karakteristik Dinamik Model Sistem Suspensi

  • Asnawi Lubis
  • Zulhendri Hasymi

Abstract

Abstrak
Karakteristik dinamik suatu struktur mesin sangat penting untuk diketahui untuk menghindari getaran yang
berlebihan pada struktur tersebut. Karakteristik dinamik tersebut ditentukan oleh frekuensi pribadi,
amplitudo dan modus getar. Getaran pada suatu struktur mesin dapat terjadi karena adanya eksitasi baik
yang berasal dari dalam maupun dari luar sistem. Jika frekuensi eksitasi berada di sekitar frekuensi pribadi
sistem maka dapat terjadi fenomena resonansi, yang akan mengakibatkan amplitudo getaran yang tinggi.
Amplitudo yang tinggi yang equivalent dengan defleksi dapat mengakibatkan kegagalan pada suatu
sistem mesin ataupun struktur. Tulisan ini melaporkan hasil kajian secara numerik dan experimental
terhadap karakteristik dinamik suatu model sistim suspensi. Sistim suspensi dimodelkan dan dianalisis
secara numerik menggunakan metode elemen hingga dan diuji secara experimental menggunakan
perangkat Universal Vibration System (UVS) untuk memperoleh karakteristik dinamik yang meliputi
frekuensi pribadi dan amplitudo getaran. Hasil studi menunjukkan bahwa amplitodo makin besar pada
nodal atau posisi yang makin jauh dari tumpuan pegas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Asnawi Lubis
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lampung
Jalan Professor Sumantri Brojonegoro No.1, Gedongmeneng, Bandar Lampung 35145
Zulhendri Hasymi
Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Lampung
Jalan Professor Sumantri Brojonegoro No.1, Gedongmeneng, Bandar Lampung 35145
How to Cite
LUBIS, Asnawi; HASYMI, Zulhendri. Studi Numerik dan Eksperimental Karakteristik Dinamik Model Sistem Suspensi. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], v. 5, n. 1, feb. 2013. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/4639>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles

Keywords

Frekuensi pribadi, karakteristik dinamik, amplitudo, resonansi