Studi Numerik dan Eksperimental Karakteristik Dinamik Model Sistem Suspensi
Abstract
AbstrakKarakteristik dinamik suatu struktur mesin sangat penting untuk diketahui untuk menghindari getaran yang
berlebihan pada struktur tersebut. Karakteristik dinamik tersebut ditentukan oleh frekuensi pribadi,
amplitudo dan modus getar. Getaran pada suatu struktur mesin dapat terjadi karena adanya eksitasi baik
yang berasal dari dalam maupun dari luar sistem. Jika frekuensi eksitasi berada di sekitar frekuensi pribadi
sistem maka dapat terjadi fenomena resonansi, yang akan mengakibatkan amplitudo getaran yang tinggi.
Amplitudo yang tinggi yang equivalent dengan defleksi dapat mengakibatkan kegagalan pada suatu
sistem mesin ataupun struktur. Tulisan ini melaporkan hasil kajian secara numerik dan experimental
terhadap karakteristik dinamik suatu model sistim suspensi. Sistim suspensi dimodelkan dan dianalisis
secara numerik menggunakan metode elemen hingga dan diuji secara experimental menggunakan
perangkat Universal Vibration System (UVS) untuk memperoleh karakteristik dinamik yang meliputi
frekuensi pribadi dan amplitudo getaran. Hasil studi menunjukkan bahwa amplitodo makin besar pada
nodal atau posisi yang makin jauh dari tumpuan pegas.
Downloads
Keywords
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.