KARAKTERISTIK INDEKS NYALA API KOMPOSIT SANDWICH BERPENGUAT SERAT SISAL DAN SERAT PISANG DENGAN FILLER FLYASH DAN ABU SEKAM PADI DAN KERTAS BEKAS SEBAGAI CORE

  • Nasmi Herlina Sari

Abstract

Telah banyak dilakukan usaha untuk mencegah terjadinya kebakaran, salah satunya dengan mengganti kayu sebagai komponen utama dari bangunan perumahan dan gedung dengan material lain yang lebih tahan api. Indeks nyala api adalah gambaran yang menunjukkan sifat rambat api suatu material. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui karakteristik indeks nyala api komposit sandwich berpenguat serat sisal dan serat pisang dengan filler flyash dan abu sekam dan honeycomb core dari kertas bekas. Pada penelitian ini pembuatan komposit dilakukan dengan cara hand lay up. Kulit dan inti dipadukan dengan merekatkan antara keduanya, dimana inti komposit berbentuk honeycomb dari kertas bekas. Sedangkan pada kulit komposit sandwich dibuat dari resin polyester dan serat sisal serta serat batang pisang. Kemudian flyash dan abu sekam sebagai filler disisipkan diantara resin polyester dengan fraksi volume 0% , 20% sedangkan serat dengan fraksi volume 10%. Karakteristik sifat nyala api dari komposit sandwich akan diketahui kemudian akan dibandingkan dengan karakteristik sifat nyala api produk kayu sengon yang sudah ada sehingga diketahui potensi komposit yang dikembangkan sebagai pengganti produk kayu. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Indeks nyala api komposit sandwich yang paling baik diperoleh dari komposit dengan komposisi serat sisal, flyash dengan panjang sisi honeycomb core 7mm, dimana indeks nyala apinya 52,40. Indeks nyala api komposit sandwich yang paling jelek diperoleh dari komposit dengan komposisi serat pisang, tanpa filler dengan panjang sisi honeycomb core 9 mm, dimana indeks nyala apinya 97,85.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nasmi Herlina Sari
Fakultas Teknik Universitas Mataram
How to Cite
HERLINA SARI, Nasmi. KARAKTERISTIK INDEKS NYALA API KOMPOSIT SANDWICH BERPENGUAT SERAT SISAL DAN SERAT PISANG DENGAN FILLER FLYASH DAN ABU SEKAM PADI DAN KERTAS BEKAS SEBAGAI CORE. Jurnal Energi Dan Manufaktur, [S.l.], nov. 2012. ISSN 2541-5328. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jem/article/view/2328>. Date accessed: 20 jan. 2021.
Section
Articles

Keywords

Indeks nyala api, filler, fly ash, abu sekam, core, honeycomb, sandwich